Text
Hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan pada siswa kleas X di SMK Dinamika Pembangunan II Jakarta Timur
ABSTRAK
YURIKA SAPTARIYANI. 8105108026. Hubungan antara Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran Di SMK Dinamika Pembangunan 2 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara Gaya Belajar dengan hasil Belajar pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran Di SMK Dinamika Pembangunan 2 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan terhitung bulan Desember sampai Juni 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Administrasi Perkantoran Di SMK Dinamika Pembangunan 2 Jakarta yang berjumlah 138 siswa, dan sampel yang digunakan sebanyak 95 siswa dengan menggunakan tekhnik simple random sampling. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data variabel X (Gaya Belajar) dan variabel Y (Hasil Belajar) diukur dengan menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Tekhnik analisis data dimulai dengan mencari persamaan regresi dan didapatkan persamaan Ŷ = 0,142 + 0,517X. Hasil uji normalitas Liliefors menghasilkan Lhitung = 0,047 sedangkan Ltabel = 0,091. Karena Lhitung < Ltabel maka variabel X dan Y berdistrubusi normal. Pengujian hipotesis dengan uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung = 55,85 dan Ftabel = 3,96. Karena Fhitung > Ftabel maka persamaan regresi tersebut signifikan. Uji kelinearan regresi menghasilkan Ftabel = 1,66 sedangkan Fhitung = 1,04. Karena Fhitung (1,04) < Ftabel (1,66) disimpulkan bahwa persamaan regresi linear. Uji koefisien korelasi Product Moment menghasilkan rhitung = -0,613. Selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji-t dan menghasilkan thitung (7,47) > ttabel (1,67). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara Gaya Belajar dengan Hasil belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan siswa kelas X Administrasi Perkantoran Di SMK Dinamika Pembangunan 2 Jakarta. Dengan uji koefisien determinasi diperoleh hasil 37,52%, variabel Hasil Belajar ditentukan oleh Gaya Belajar, maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Gaya Belajar dengan Hasil Belajar.
ABSTRACT
YURIKA SAPTARIYANI. 8105108026. Correlation Between Learning Style With Learning Outcomes Entrepreneurship of X Grade Student at SMK Dinamika Pembangunan 2 East Jakarta. Skripsi, Jakarta: Concentration of Office Administration Education, Study Program of Economics Education, Economics and Administration Department, Faculty of Economic, State University of Jakarta, 2015.
The purpose of this research is to detect correlation between Learning Style with Learning Outcomes Entrepreneurship Subject X Grade Student at SMK Dinamika Pembangunan 2 East Jakarta. The research is done during for six months since December until June 2015. The method of research is survey method with correlation approach. The population of research was taken on 10th Grade students of SMK Dinamika Pembangunan all of employees with total 138 employees and 95 employees for sampling and used simple random sampling. Instrument that used to get Variable X (Learning Style) and Variable Y (Learning Outcomes) was measured by questionnaire using Likert scale. The analysis test by finding regression equation, that is Ŷ =0,142 + 0,517X, while analysis rules test that is test normalitas while analysis rules test that is test normalitas regression estimation error Y on X with test liliefors got Lhitung0,047 < Ltabel 0,091, matters this means sample comes from population normal distribution. Significancy test and regression linearity by using analysis table varians (anava) got regression similarity Fhitung 55,85 > Ftabel 3,96 that declare regression very mean with regression linearity test that produce Fhitung 1,04 < Ftabel 1,66 that show that regression model that used linear. Correlation coefficient hypothesis test is done with formula product moment produce rxy as big as 0,613. Significancy test with thitung as big as 7,47 dan ttabel 1,67. Because tcount < ttabel, from watchfulness result so researcher can conclude that found learning style between learning outcomes Enterpreneurship sbuject ten’s grade student at SMK Dinamika Pembangunan 2 east jakarta.. Determination coefficient test produces KD as big as 37,52 %. So the conclusion is positive connection and significant between learning style and learning outcomes.
Bibliografi : lembar 72-74
SS00006320 | Sk 6320 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain