Text
Hubungan antara harga dan citra merek dengan keputusan pembelian sepeda motor Honda pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Niaga di Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
IVELA ABSHARI, Hubungan Antara Harga dan Citra Merek dengan Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tataniaga di Universitas Negeri Jakarta. Skripsi, Jakarta. Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Januari 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendapatkan pengetahuan yang tepat (sahih, benar, valid) dan dapat dipercaya (dapat diandalkan, reliable) tentang hubungan antara harga dan citra merek dengan keputusan pembelian motor Honda pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini dilaksanakan diProgram Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Jakarta yang beralamat di Jalan Rawamangun Muka di Jakarta selama 4 bulan terhitung sejak Februari 2015 sampai dengan Juni 2015.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Ekonomi dan Administrasi Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. Populasi terjangkaunya adalah mahasiswa Pendidikan Tata Niaga angkatan 2011 - 2013 Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta yang berjumlah 55 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive sampling sebanyak 48 orang.
Berdasarkan nilai koefisien determinasi (adjusted R square) sebesar 0,517 atau 51,7% yang artinya variabel bebas dalam penelitian ini secara bersama – sama mampu mempengaruhi perubahan keputusan pembelian sebesar 51,7%. Berdasarkan tabel Coefficients, nilai thitung Harga (X1) sebesar (4.243) > ttabel (2,021) dan Sig (0,000) < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa secara parsial hipotesis H1 diterima dan menolak Ho1.. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara harga dengan keputusan pembelian. Berdasarkan tabel Coefficients, nilai thitung Citra Merek (X2) sebesar (3.349) > ttabel (2,021) dan Sig (0,002) < 0,05 sehingga keputusan yang dapat diambil adalah menerima H2 dan menolak Ho2. Dengan kata lain terdapat hubungan yang signifikan antara citra merek dengan keputusan pembelian. Berdasarkan hasil uji ANOVA atau Uji F, Fhitung (24.036) > Ftabel (3,20) artinya Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan harga dan citra merek secara bersama berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Sehingga dapat dikatakan bahwa harga dan citra merek memiliki hubungan signifikan dengan keputusan pembelian.
Kata kunci : Harga,Citra Merek,Keputusan Pembelian
Bibliografi : lembar 97-99
SS00006328 | SK 6328 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2015.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain