Text
Upaya meningkatkan hasil belajar IPS melalui kegiatan remedial pada tema kehidupan masyarakat Indonesia pada masa perkembangan agama Islam : penelitian tindakan di kelas VII-A SMP Negeri 118 Jakarta Pusat
ABSTRAK
Irma Anggarini, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Tema Kehidupan Masyarakat Indonesia Pada Masa Perkembangan Agama Islam ((Penelitian Tindakan Di Kelas VII-A SMP Negeri 118 Jakarta Pusat). Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Jakarta. 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai pengaruh penerapan kegiatan remedial dalam meningkatkan hasil belajar IPS di SMP Negeri 118 Jakarta. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 118 Jakarta Pusat selama dua bulan dari bulan februari sampai dengan bulan maret 2015.
Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas . Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Data yang bersifat kualitatif dianalisa dengan analisa kualitatif sedangkan data yang bersifat kuantitatif dianalisa dengan analisa deskriptif kuantitatif
Hasil penelittian yang didapatkan menyimpulkan bahwa kegiatan remedial pada pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik menunjukan pada kegiatan remedial siklus I sebanyak 53,33% peserta didik memenuhi KKM dengan nilai rata-rata 7,48, untuk kegiatan remedial kedua siklus I sebanyak 100% peserta didik memenuhi KKM dengan nilai rata-rata 8,75. Sedangkan untuk hasil belajar kegiatan remedial siklus II sebanyak 100% peserta didik memenuhi KKM dengan nilai rata-rata 8,32, dan untuk hasil belajar peseta didik pada kegiatan remedial siklus III sebanyak 100% peserta didik memenuhi KKM dengan nilai rata-rata 9,08.
Kata Kunci : Kegiatan Remedial, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial.
Bibliografi : lembar 109-110
SS00006400 | Sk 6400 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain