Text
Hubungan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar pada siswa Kelas X jurusan IPS di SMAN 113 Jakarta
ABSTRAK
LUCY HOTRIA. Hubungan Antara Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas X Jurusan IPS di SMAN 113 Jakarta. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Juni 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas X Jurusan IPS di SMAN 113 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama empat bulan terhitung Maret 2015 sampai Juni 2015. Adapun metode yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Jurusan IPS SMAN 113 Jakarta yang pernah dan masih menggunakan kemandirian belajar sebanyak 114 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan IPS yang pernah dan masih menggunakan kemandirian belajar diambil sebanyak 84 orang berdasarkan table Isaac & Michael penentuan jumlah sampel dari populasi tertentu dengan taraf kesalahan 5% .Sampel yang digunakan sebanyak 84 orang dengan menggunakan teknik proporsional sampling. Berdasarkan uji F diketahui bahwa nilai regresi linier Fhitung (0,77) < Ftabel (1,72). Hubungan yang positif antara Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas X Jurusan IPS di SMAN 113 Jakarta hal ini dapat ditunjukkan dari nilai thitung = 6,94 > ttabel = 1,68, artinya semakin efektif Kemandirian Belajar maka akan semakin meningkat Prestasi Belajar, sebaliknya jika Kemandirian Belajar yang dilakukan tidak efektif maka akan mengakibatkan menurunnya Prestasi Belajar. Adapun nilai antar variabel Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar sebesar Ŷ = 76,656 + 0,047X.
Besar variasi Prestasi Belajar ditentukan oleh terjadinya Kemandirian Belajar sebesar 37,00%. Hubungan antara Kemandirian Belajar (variabel X) dengan Prestasi Belajar (variabel Y) adalah linier dan signifikan dengan nilai regresi signifikan Fhitung (0,77) >Ftabel (1,72) dan nilai regresi linier Fhitung (48,15) < Ftabel (1,86). Prestasi Belajar pada Siswa Kelas X Jurusan IPS ditentukan oleh Kemandirian Belajar sebesar 37,00% dan sisanya sebesar 63,00% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yaitu motivasi dan kesiapan belajar.
Kata kunci: Prestasi Belajar, Kemandirian Belajar
Bibliografi : lembar 66-67
SS00006430 | SK 6430 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2015.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain