Text
Pengaruh penerapan metode hypnoteaching terhadap hasil belajar kognitif materi sistem saraf di SMAN 97 Jakarta
Yolanda Holinda Sari. Pengaruh Penerapan Metode Hypnoteaching Terhadap Hasil Belajar Kognitif Materi Sistem Saraf di SMAN 97 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2015.
Hasil belajar dipengaruhi oleh 2 faktor; faktor internal dan faktor eksternal. Metode pembelajaran merupakan salah satu faktor eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Hypnoteaching terhadap hasil belajar kognitif materi Sistem Saraf di SMAN 97 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada April-Mei 2015. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain Pretest - Posttest Kontrol Group Design. Jumlah sampel sebanyak 74 siswa kelas XI MIA dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar kognitif materi Sistem Saraf. Analisis data yang digunakan adalah analisis varians satu jalur non parametrik Kruskal Wallis. Hasil uji Kruskal Wallis (α=0,05) menunjukkan nilai signifikansi 0,07 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan tidak adanya pengaruh metode Hypnoteaching terhadap hasil belajar kognitif materi sistem saraf.
Kata kunci: Hypnoteaching, hasil belajar kognitif, materi Sistem Saraf
Bibliografi : lembar 60-62
SS00006458 | SK 6458 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2015.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain