Text
Peningkatan literasi sains siswa melalui penggunaan media LectureMAKER pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit di kelas X SMAN 52 Jakarta
ABSTRAK
Hetiny Muthia Rahmy. Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Penggunaan Media LectureMAKER pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit di Kelas X SMAN 52 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Juni 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa menggunakan media LectureMAKER pada materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit di kelas X SMAN 52 Jakarta. Penelitian ini dilakukan pada Januari-Juni 2015 di SMAN 52 Jakarta. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 3 sebanyak 36 siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Sebelum melakukan penelitian, dilakukan analisis pendahuluan untuk mengetahui kemampuan literasi sains siswa sebelum menggunakan media LectureMAKER. Literasi sains yang diukur meliputi aspek konteks, pengetahuan, dan kompetensi. Sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes literasi sains, lembar observasi, lembar kuesioner efek penggunaan media LectureMAKER, dan lembar wawancara guru serta siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media LectureMAKER dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa kelas X MIA 3 SMAN 52 Jakarta. Hal ini ditunjukkan dari peningkatan pencapaian level literasi sains siswa dari siklus I hingga Siklus II.
Kata kunci: Literasi sains, Media LectureMAKER, Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit
Bibliografi : lembar 130-131
SS00006459 | SK 6459 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain