Text
Studi tentang pendekatan dilemmas stories dalam pembelajaran kimia pada materi larutan penyangga dengan metode Think Pair Square (TPSq)
ABSTRAK
Hayyun Lisdiana. Studi tentang Pendekatan Dilemmas Stories dalam Pembelajaran Kimia pada Materi Larutan Penyangga dengan Metode Think Pair Square (TPSq). Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2015.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui integrasi dan implikasi pendekatan dilemmas stories dalam pembelajaran larutan penyangga dengan metode think pair square (TPSq) yang berkaitan dengan soft skills siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 5 SMA Negeri 2 Tangerang sebanyak 40 siswa. Penelitian dilaksanakan dari Januari hingga Juli 2015.
Paradigma penelitian yang digunakan adalah interpretivism dengan metode penelitiannya adalah metode kualitatif. Fokus penelitian ini adalah integrasi dan implikasi pembelajaran menggunakan cerita dilema pada materi larutan penyangga dengan metode TPSq. Penelitian terdiri dari dua tahapan yaitu tahapan persiapan dan pelaksanaan. Teknik pengumpulan data pendekatan dilemmas stories ini menggunakan data wawancara siswa, reflektif jurnal siswa dan observasi kelas yang didukung oleh kuesioener CCVLES yang terdiri dari tujuh indikator. Quality standards yang digunakan adalah trusthworthiness dengan menggunakan prolonged engagement, progressive subjectivity, dan member checking.
Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran larutan penyangga menggunakan pendekatan dilemmas stories dapat diketahui, bahwa siswa tertarik dan termotivasi untuk belajar kimia terutama melalui cerita. Siswa juga belajar bekerja sama dan menghargai pendapat saat berdiskusi kelompok, selain itu juga siswa dituntut untuk berpikir kritis dalam menghadapi dan mengambil keputusan terhadap permasalahan kimia yang ada disekitarnya. Rasa percaya diri, bertanggung jawab, dan rasa ingin tahu serta kreativitas juga dapat dilihat dari hasil poster dan video yang dibuat oleh siswa pada tahap akhir pembelajaran. Dilemmas Stories ini bisa digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran larutan penyangga.
Kata kunci: pendekatan dilemmas stories, larutan penyangga
Bibliografi : lembar 169-172
SS00006460 | SK 6460 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain