Text
Perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mendapatkan pendekatan pembelajaran kontekstual dengan pendekatan pembelajaran kooperatif (studi eksperimen di kelas VII MTs Negeri 25 Jakarta)
ABSTRAK
Rizki Achmad Husaeni, 2015. Perbedaan Hasil Belajar IPS antara Siswa yang Mendapatkan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dengan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif. Skripsi. Jurusan Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian yang berjudul “Perbedaan Hasil Belajar IPS antara Siswa yang Mendapatkan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dengan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif” bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mendapatkan pendekatan pembelajaran kontekstual dengan pendekatan pembelajaran kooperatif di MTs Negeri 25 Jakarta. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mencari tahu perbedaan hasil belajar siswa antara yang mendapatkan pendekatan pembelajaran kontekstual dengan yang mendapatkan pendekatan pembelajaran kooperatif.
Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa MTs Negeri 25 Jakarta, sampel penelitiannya adalah kelas VII (VII-2 dan VII-3) yang berjumlah masing-masing 37 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive random sampling. Instrumen yang digunakan berbentuk tes tertulis, yaitu pretest dan posttest.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah, diperoleh nilai thitung sebesar 3,67 dengan ttabel sebesar 2,03 dengan taraf signifikansi α = 0,05. Sehingga thitung > ttabel = 3,67 > 2,03 maka H1 diterima. Artinya terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mendapatkan pendekatan pembelajaran kontekstual dengan pendekatan pembelajaran kooperatif.
Bibliografi : lembar 87-88
SS00006475 | SK 6475 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain