Text
Proses pendisiplinan siswa di sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTs) Umdatur Rasikhien Tipar Cakung Jakarta Timur
ABSTRAK
Lena Shofwatun Nahdhiyah. Proses Pendisiplinan Siswa di Sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTs) Umdatur Rasikhien Tipar Cakung Jakarta Timur. Skripsi: Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta: 2015
Skripsi ini ingin menjelaskan mengenai proses pendisiplinan siswa di Sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTs) Umdatur Rasikhien Tipar Cakung Jakarta Timur. Penelitian ini betujuan utuk menjelaskan bagaimana proses pendisiplinan siswa di MTs Umdatur Rasikhien. Hal ini menarik dikarenakan proses pendisiplina di sekolah tersebut mempunyai proses pendisiplinan yang kuat, meskipun masih ada siswa yang masih belum disiplin.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, subyek penelitian terdiri dari 14 informan yang terdiri dari Pembina paskibra M, Pembina pramuka B, Guru E, dan F serta di tambah 6 siswa yakni S, R, L, V, F dan A. sedangkan untuk mengkroscek triangulasi data penelitian mengambil 4 informan kunci yakni Kepala Sekolah S, Wakil kepala sekolah H, guru Bimbingan Korseling SN dan Pembina OSIS HM.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah MTs Umdatur Rasikhien memiliki peran penting dalam proses pendisiplinan siswanya dan mempunyai teknik serta metode tersendiri dalam menerapkan pendisiplinan siswa di sekolah tersebut. Hal ini dapat terlihat dari tata tertib dan peraturan tertulis maupun lisan yang terdapat di sekolah MTs Umdatur Rasikhien. Sanksi/hukuman yang berlaku di sekolah tersebut pun bermacam-macam seperti membaca surat-surat pendek bagi yang melanggar, melakukan push up, scot jump, atau lari mengitari lapangan sekolah dan bahkan sampai di jemur di halaman sekolah.
Kata kunci : Disiplin, Kekuasaan, Sosialisasi, Norma, dan sanksi
Bibliografi : lembar 132-133
SS00006478 | SK 6478 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain