Text
Kesiapan guru dalam melaksanakan mata pelajaran simulasi digital kurikulum 2013 : studi kasus di SMK Negeri 48 Jakarta
KESIAPAN GURU DALAM MELAKSANAKAN MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL KURIKULUM 2013 (STUDI KASUS DI SMKN 48 JAKARTA)
ADVERINA ONASIS SILABAN
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru dalam melaksanakan mata pelajaran Simulasi Digital Kurikulum 2013 di SMKN 48 Jakarta. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah 4 orang guru, 1 orang kepala sekolah, 1 orang wakil kurikulum, dan 132 siswa yang mengikuti mata pelajaran Simulasi Digital. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara dan pengisian angket. Data yang diperoleh dilakukan analisis dengan menggunakan deskriptif analisis. Dari penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa 3 orang guru kesiapannya adalah sangat baik dan 1 orang guru kesiapannya adalah baik dalam melaksanakan mata pelajaran Simulasi Digital. Masing-masing guru dan siswa memiliki penilaian yang sama, yang berarti bahwa ke empat guru tersebut termasuk ke dalam kategori siap dalam melaksanakan mata pelajaran Simulasi Digital. Kepala sekolah dan wakil kurikulum menyatakan bahwa guru Simulasi Digital siap dalam melaksanakan mata pelajaran Simulasi Digital Kurikulum 2013. Guru telah melaksanakan pembelajaran dengan membuat perencanaan pembelajaran terlebih dahulu, kemudian melaksanakan/menyajikan pembelajaran dan melakukan penilaian/evaluasi. Pelaksanaan pembelajaran Simulasi Digital dilakukan sesuai dengan standar proses pada Kurikulum 2013 dimana guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memperdalam/mencari informasi tambahan materi pelajaran, menggunakan pendekatan ilmiah, dan melakukan penilaian pada kompetensi sikap, keterampilan dan pengetahuan.
Kata kunci: Kesiapan guru, Mata pelajaran Simulasi Digital, Kurikulum 2013
TEACHER READINESS IN IMPLEMENTING SUBJECTS SIMULASI DIGITAL CURRICULUM 2013 (CASE STUDY IN SMKN 48 JAKARTA)
ADVERINA ONASIS SILABAN
ABSTRACT
This study aims to determine teacher readiness in implementing Simulasi Digital subjects curriculum 2013 at SMKN 48 Jakarta. The method used is a case study with a qualitative approach. Source of data in this study were 4 teachers, 1 principal, 1 representative of curriculum, and 132 students who take Simulasi Digital subjects. Techniques of data collection is by interview and filling the questionnaire. The data obtained analyzed using descriptive analysis. From the research that has been done, the result is 3 of teacher excellent in readiness and 1 of teacher is good in readiness implementing the Simulasi Digital subjects. Each teacher and student have the same assessment, which means that all four of the teachers belong to the category ready to implement the Simulasi Digital subjects. Principals and vice curriculum states that teachers are ready to implement the Simulasi Digital subjects Curriculum 2013. Teachers have implemented learning make plans of lesson beforehand, then implement/present learning and assessment/evaluation. Implementation of Simulasi Digital subjects conducted in accordance with the standards of the curriculum process in 2013 in which the teacher gives students the chance to deepen / seek additional information materials, using a scientific approach, and make an assessment on the competence of attitudes, skills and knowledge.
Keywords: Teacher Readiness, Simulasi Digital subjects.
Bibliografi : lembar 78-79
SS00006498 | SK 6498 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain