Text
Pengaruh kemitraan usaha dan strategi pemasaran terhadap keberhasilan usaha mikro dan kecil binaan PT. Bank Rakyat Indonesia wilayah DKI Jakarta
ABSTRAK
DESTA DWI PUTRANTO. Pengaruh Kemitraan Usaha dan Strategi Pemasaran Terhadap Keberhasilan Usaha Mikro dan Kecil Binaan PT. Bank Rakyat Indonesia Wilayah DKI Jakarta. Konsentrasi Pendidikan Ekonomi Koperasi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemitraan usaha dan strategi pemasaran terhadap keberhasilan usaha mikro dan kecil binaan PT Bank Rakyat Indonesia wilayah DKI Jakarta, baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari hingga Mei 2015 di beberapa usaha mikro dan kecil binaan Bank Rakyat Indonesia wilayah DKI Jakarta. Metode yang digunakan adalah survey dengan pendekatan korelasional. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner.Uji validitas menggunakan rumus product momen dan uji realibilitas menggunakan Alpha Cronbach dengan hasil 0,863 untuk instrumen kemitraan usaha, 0,903 untuk instrumen strategi pemasaran, serta 0,864 untuk instrumen keberhasilan usaha artinya memiliki tingkat keajekan (realibel) sangat tinggi Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku usaha mikro dan kecil yang bermitra usaha dengan Bank Rakyat Indonesia Wilayah Jakarta yang berjumlah 102 pelaku usaha. Pengambilan sampel menggunakan sampel menurut Arikunto yaitu sebesar 35 pelaku usaha. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh secara parsial antara kemitraan usaha dengan keberhasilan usaha. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 3,483 lebih besar dari ttabel sebesar 1,692. Strategi pemasaran secara parsial juga terdapat pengaruh terhadap keberhailan usaha, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 2,125 lebih besar dari ttabel sebesar 1,692. Secara simultan ada pengaruh antara kemitraan usaha dan strategi pemasaran terhadap keberhasilan usaha. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 17,600 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,29.Terdapat pengaruh yang positif dan berarti antara kemitraan usaha dan strategi pemasaran dengan keberhailan usaha dengan koefisien korelasi ganda 0,724 dengan demikian, hipotesis penelitian diterima, selanjutnya diketahui koefisien determinasi (R2) sebesar 52,4%.
Kata Kunci: kemitraan usaha, , strategi pemasaran, keberhasilan usaha mikro dan kecil
ABSTRACT
DESTA DWI PUTRANTO. The Parternship Busnissess and Marketing Strategies to the success of micro and small enterprises assisted PT. Bank Rakyat Indonesia region Jakarta. Concentration Education Cooperative Economics, Program Studies of Economics Education, Department of Economics and Administration,Faculty of Economy State University of Jakarta. 2015. This research purpose is to find out the Parternship Busnissess and Marketing Strategies to the success of micro and small enterprises assisted PT. Bank Rakyat Indonesia region Jakarta. This research was conducted February until May 2015 in several small and micro businesses assisted Bank Rakyat Indonesia Jakarta. This type of research is survey, with corelational approach. Interview and questionnaire are research technique. Test the validity of using the product moment formula and reliability testing using Cronbach Alpha 0.863 with results for the instrument business partnerships, 0.903 for instruments marketing strategy, and 0.864 for the instrument business success means to have a very high level of reliability. The population in this research is the micro and small businesses who have partnered with Bank Rakyat Indonesia Region Jakarta, amounting to 102 businesses. Sampling using samples according Arikunto amounting to 35 businesses.. The data analysis technique used was multiple linear regression, classic assumption test, and the hypothesis test consist of t-test and F-test. Based on the analysis of the data found that there was a partial effect between Parternship Busnissess toward the success of micro and small enterprises. Can be seen from the results of data analysis showed tcount 3,483 greater than ttable 1,692. Meanwhile, the partial use of Marketing Strategies are affected by the success of micro and small enterprises, it is seen from the results of data analysis showed tcount 2,125 greater than ttable 1,692.. Simultaneously there is influence between Parternship Busnissess and Marketing Strategies to the success of micro and small enterprises. Can be seen from the results of data analysis showed Fcount value of 17,600 is greater than the value of Ftable 3.29. There was a significant positive influence of Parternship Busnissess and Marketing Strategies to the success of micro and small enterprises equation with R for 0,724 and determination coefisien for (R)2 was 52,4%.
Keywords: partenership bussninises, marketing strategy , the suscess of busnnisses micro and small.
Bibliografi : lembar 110-111
SS00006510 | SK 6510 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain