Text
Pengembangan modul pembelajaran kimia pada materi larutan penyangga dengan pendekatan saintifik melalui penerapan professional learning community
Dwi Amelia Savitri. Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia pada Materi Larutan Penyangga dengan Pendekatan Saintifik melalui Penerapan Professional Learning Community. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran kimia dengan pendekatan saintifik melalui penerapan Professional Learning Community pada materi larutan penyangga kelas XI. Penelitian ini dilakukan sejak bulan Januari sampai Mei 2015 di SMA Negeri 54 Jakarta dan SMA Negeri 53 Jakarta.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu analisis kebutuhan, pengembangan produk, validasi produk kepada para ahli dan uji coba produk kepada siswa. Tahap pengembangan dilakukan dengan cara kolaborasi dengan beberapa guru sebagai implementasi Professional Learning Community.
Hasil uji kelayakan oleh para ahli menunjukkan bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan termasuk kategori yang sangat baik dengan nilai r sebesar 0,86-0,96. Hasil uji coba modul pembelajaran kepada siswa untuk tiap indikatornya memberikan persentase >82% menandakan bahwa tiap indikator telah tercapai dengan sangat baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh tersebut, maka dapat disimpulkan modul pembelajaran kimia pada materi larutan penyangga dengan Pendekatan Saintifik yang dikembangkan melalui penerapan Professional Learning Community sudah sangat baik dan layak digunakan dalam pembelajaran kimia.
Kata Kunci : Modul pembelajaran, Larutan Penyangga, Pendekatan Saintifik, Professional Learning Community.
Bibliografi : lembar 88-89
SS00006517 | SK 6517 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain