Text
Analisis pemahaman siswa kelas XII IPA SMAN 48 Jakarta pada konsep materi kimia dengan menggunakan creative exercise
ABSTRAK
Desi Rahmawati 2015. Analisis Pemahaman Siswa Kelas XII Pada Konsep Materi Kimia dengan Menggunakan Creative ExerciseI Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pemahaman siswa kelas XII pada konsep materi kimia dengan menggunakan alat penilaian alternatif creative exercise (CE).
Metode yang digunakan adalah kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan memberikan intrumen CE yang berisi tiga prompt, observasi dan wawancara.
Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah siswa dapat menghubungkan setiap prompt pada beberapa materi, yaitu seperti atom, molekul, dan ion; hukum dasar kimia dan stoikiometri larutan; ikatan kimia; redoks; elektrolit dan non-elektrolit; asam-basa; hidrolisis garam; dan sifat koligatif larutan.
Materi yang dihubungan dari ketiga prompt paling banyak adalah hukum dasar kimia dan stoikiometri larutan yang memiliki porsi 18 jam pelajaran dalam silabus. Sebanyak 38 siswa mencoba menjawab dalam prompt 1, dengan 34 siswa menjawab pernyataan benar, persentasinya adalah 89,4% dan sembilan siswa menjawab pernyataan salah, persentasinya adalah 23,7%. Sebanyak 28 siswa mencoba menjawab pada prompt 2, dengan 28 siswa menjawab pernyataan benar, persentasinya adalah 100% dan tiga siswa menjawab pernyataan salah, persentasinya adalah 10,7%. Sedangkan pada prompt 3, sebanyak 35 siswa mencoba menjawab dengan 35 siswa menjawab pernyataan benar, persentasinya adalah 100% dan 12 siswa menjawab pernyataan salah, persentasinya adalah 34,3%.
Kata kunci : creative exercise, pemahaman siswa, konsep materi kimia.
Bibliografi : lembar 77-78
SS00006527 | SK 6527 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain