Text
Pembelajaran pengolahan citra digital menggunakan multimedia interaktif (penelitian di SMK Sejahtera Jakarta)
PEMBELAJARAN PENGOLAHAN CITRA DIGITAL MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF (Penelitian Di SMK SEJAHTERA Jakarta)
MELYANAH
ABSTRAK
Pengolahan Citra Digital merupakan salah satu mata pelajaran produktif pada bidang kompetensi Multimedia di Sekolah Menengah Kejuruan. Mata pelajaran ini bertujuan agar peserta didik dapat mengenal konsep Pengolahan Citra Digital untuk diterapkan dalam berbagai bidang desain dan juga pengolah visual data informasi multimedia. Dalam proses pembelajarannya mata pelajaran Pengolahan Citra Digital ini masih banyak terdapat kendala diantaranya kurangnya sumber atau media pembelajaran untuk mata pelajaran ini sehingga proses pembelajaran belum berjalan dengan maksimal. Oleh karena itu peneliti mencoba mengembangkan pembelajaran Pengolahan Citra menggunakan Multimedia Interaktif. Media ini menggunakan aspek multimedia memberi potensi agar pengguna dapat melihat, mendengar dan berinteraksi dengan pesan yang disampaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperbaiki pembelajaran Pengolahan Citra Digital di Sekolah Menengah Kejuruan jurusan multimedia dengan mengembangkan aplikasi Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk mata pelajaran tersebut. Metode yang digunakan adalah metode perencanaan dan penyusunan software multimedia. Aplikasi yang dikembangkan berbasis flash. Berdasarkan uji fungsionalitas, seluruh bagian pada aplikasi ini telah berjalan sebagaimana fungsinya sesuai yang diharapkan. Pengembangan Software MPI (Multimedia Pembelajaran Interaktif) Pengolahan Citra Digital ini telah melalui beberapa tahap evaluasi, yaitu uji ahli materi, ahli media dan uji responden atau User oleh peserta didik Jurusan Multimedia SMK Sejahtera Jakarta. Berdasarkan hasil uji coba, kualitas Software MPI Pengolahan Citra Digital yang telah dikembangkan menurut respon persepsi 43 siswa adalah 86% dari yang diharapkan (100%). Aplikasi atau Software yang telah dikembangkan dapat dikatakan baik sehingga dapat digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran Pengolahan Citra Digital sehingga pembelajaran mata pelajaran ini dapat menjadi lebih baik dan mencapai hasil yang diharapkan.
Kata Kunci: Pengolahan Citra Digital, Pembelajaran, Multimedia dan Interaktif
DIGITAL IMAGE PROCESSING OF LEARNING USING INTERACTIVE MULTIMEDIA (Research in SEJAHTERA Vocational School Jakarta)
MELYANAH
ABSTRACT
Digital Image Processing is one of the subjects in the fields of competence Multimedia productive in Vocational High School. This course aims to make students able to recognize the concept of Digital Image Processing to be applied in various fields of design and visual processing multimedia information data. Subjects in the learning process of this Digital Image Processing there are still many obstacles including a lack of resources or learning media for these subjects so that the learning process has not run maximally. Therefore, researchers are trying to develop learning using Interactive Multimedia Image Processing. This media uses the multimedia aspect gives the potential to enable Users to see, hear and interact with the message. The purpose of this research is to improve the learning of Digital Image Processing in Vocational High School majoring in developing multimedia applications Multimedia Interactive Learning for this subject. The method used is a method of planning and preparation of multimedia software. Flash based application. Based on the functionality test, all parts of the application has been running as its function as expected. Software MPI Development (Multimedia Interactive Learning) Digital Image Processing has been through several stages of evaluation, the test materials experts, media specialists and test the respondent or User by learners Department of Multimedia SMK Sejahtera Jakarta. Based on trial results, the quality of MPI Software Digital Image Processing which has been developed according to the perception of 43 students response is 86% of that expected (100%). Applications or software that has been developed can be said to be good so that it can be used as a learning tool in Digital Image Processing so that learning of this subject can be much better and achieve the expected results.
Keywords: Digital Image Processing, Learning, Multimedia and Interactive.
Bibliografi : lembar 78-79
SS00006528 | SK 6528 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain