Text
Penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) untuk meningkatkan hasil belajar pelajaran dasar kecantikan rambut pada siswa kelas X SMK Negeri 27 Jakarta
ABSTRAK
NELY SUROYYA MARTALENA. Studi tentang “Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pelajaran Dasar Kecantikan Rambut Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 27 Jakarta”. Jakarta: Program Studi Pendidikan Tata Rias, Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, 2015.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Kecantikan Rambut dengan menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE).
Tempat penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMK N 27 Jakarta pada siswa kelas X Tata Kecantikan rambut dengan jumlah siswa 30 siswa. Alokasi waktu pada masing-masing siklus adalah 4 x 45 menit dilaksanakan pada hari rabu tanggal 8 dan 15 April 2015.
Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, pengamatan (observasi), dan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) pada pelajaran dasar kecantikan Rambut dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Tata Kecantikan Rambut SMK N 27 Jakarta. Perolehan nilai rata-rata kelas meningkat dari pretest sampai dengan post test siklus II, yaitu yang mencapai nilai KKM praktik pada pretest ada 14 siswa, pada post test siklus I meningkat menjadi 27 siswa, dan pada post test siklus II semua siswa sudah mencapai nilai KKM. Sedangkan yang mencapai nilai KKM tertulis, pada pretest ada 8 siswa meningkat pada post test siklus I menjadi 28 dan pada post test siklus II siswasemua siswa sudah mencapai nilai KKM.Tes praktik pada pretest ke siklus I terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa 2,1 poin dari 78,2 menjadi 80,3 dan pada siklus I ke siklus II terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa 4 poin dari 80,3 menjadi 84,3. Tes tertulis pretest ke siklus I terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa 11,67 poin dari 62,5 menjadi 74,17 dan pada siklus I ke siklus II terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa 12,33 poin dari 74,17 menjadi 86,5.
Kata kunci: Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE), Hasil Belajar, Dasar Kecantikan Rambut.
ABSTRACT
NELY SUROYYA MARTALENA. Studies about " The Aplication of Student Facilitator and Explaining (SFAE) Learning Model To Improve Learning Outcomes of Beauty Hair Basic subjects in Student Class X of State Vocational High Schools 27 of Jakarta ". Jakarta: Health and Beauty Education Study Programe, Department of Home Economics, Faculty of Engineering, State University of Jakarta, 2015.
This study is a classroom action research (CAR) by doing as much as 2 cycles. Each cycle consist of four stages, namely: (1) Planning, (2) Implementation, (3) Observation, and (4) Reflection. This study aims to improve Learning Outcomes of Basic Beauty Hair subjects by aplication of Student Facilitator and Explaining (SFAE) Learning Model.
Place of implementing this classroom action research in State Vocational High School 27 of Jakarta in class X Student of Hair Beauty consist of 30 students. The allocation of time for each other cycle is 4 x 45 minutes on Wednesday, April 8 and 15 2015.
Data collection was done by test, observation, and questionnaire technique. The result of this research indicate that aplication of Student Facilitator and Explaining (SFAE) Learning Model of Beauty Hair Basic subjects can improve Learning Outcomes of class X Student of Hair Beauty of State Vocational High Schools 27 of Jakarta. Obtaining the value of an average grade increased from pretest until post test cycle II. Reaching the KKM practice on pretest 14 students, the post test first cycle increased to 27 students, and the post test cycle II all students have reached the KKM , While reaching the KKM written, the pretest there were 8 students increased in the first cycle to post-test and the post test 28 second cycle siswasemua students had reached a value KKM.Tes practices at pretest to the first cycle an increase in average student learning outcomes 2, 1 points from 78.2 becomes 80.3 and in the first cycle to the second cycle an increase in average student learning outcomes 4 points from 80.3 becomes 84.3. Pretest written tests first cycle to an increase in average student learning outcomes 11.67 points from 74.17 and 62.5 became the first cycle to the second cycle an increase in average student learning outcomes 12.33 points from 74.17 be 86.5.
Keywords: Learning Model Student Facilitator and Explaining (SFAE), Learning Outcomes, Beauty Hair Basic.
Bibliografi : lembar 110-111
SS00006530 | SK 6530 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain