Text
Penerapan model pembelajaran advance organizer berbantuan peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa SMA kelas XI
ABSTRAK
MAULIDYA VIRGINANTI. Penggunaan Model Pembelajaran Advance Organizer Berbantuan Peta Konsep untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Jakarta. 2015.
Konsep kimia yang bersifat abstrak dan saling berkaitan menuntut siswa memahami konsep dasar yang membangun konsep abstrak tersebut dengan benar. Padatnya materi kimia yang diajarkan di sekolah dan keterbatasan penggunaan metode dan model pembelajaran dalam menyampaikan materi membuat siswa kelas XI IPA 2 MAN 3 Jakarta kesulitan memahami konsep-konsep kimia. Akibatnya adalah rendahnya hasil belajar kimia siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA 2 MAN 3 Jakarta menggunakan model pembelajaran Advance Organizer. Penelitian ini dilakukan di MAN 3 Jakarta dari bulan Febuari-April tahun 2015. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilakukan selama tiga siklus. Subjek penelitian yaitu 33 siswa kelas XI IPA 2. Pengumpulan data dilakukan dengan evaluasi hasil belajar, observasi, angket, dan wawancara. Persentase siswa yang mencapai KKM meningkat dari 48,48% pada siklus I, 69,69% di siklus II, dan 78,78% di siklus III. Nilai rata-rata siswa setiap siklus berturut-turut 65,9; 73,63; dan 75,3
Kata kunci: konsep kimia, Advance Organizer, peta konsep, hasil belajar
Bibliografi : lembar 105-106
SS00006535 | SK 6535 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain