Text
Pengaruh model discovery learning pada materi ekosistem terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA
ABSTRAK
EFAH KUSYAIFAH. Pengaruh Model Discovery Learning pada Materi
Ekosistem terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Skripsi.
Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. 2014.
Model Discovery Learning merupakan salah satu model pembelajaran berbasis teori konstruktivisme. Dalam Discovery Learning, tiap siswa dituntut untuk berusaha mencari pemecahan masalah serta mengkonstruksi pemahaman secara kritis dan menemukan pengetahuan
secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning pada materi ekosistem terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) digunakan sebagai kontrol dalam penelitian karena umum digunakan dalam pembelajaran di sekolah. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 102 Jakarta pada bulan Mei 2015. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan desain penelitian Post-test Only Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Hasil uji hipotesis skor tes kemampuan berpikir kritis siswa menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pengaruh model Discovery Learning pada materi ekosistem terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA.
Kata kunci:Berpikir Kritis, Ekosistem, Model Discovery Learning
Bibliografi : lembar 59-60
SS00006551 | SK 6551 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain