Text
Studi tentang pendekatan dilemmas stories dalam pembelajaran kimia pada materi reduksi oksidasi dengan metode Think-Talk-Write (TTW)
ABSTRAK
Vita Dini Aviyana. Studi tentang Pendekatan Dilemmas Stories dalam Pembelajaran Kimia pada Materi Reduksi Oksidasi dengan Metode Think Talk Write (TTW). Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan implikasi pendekatan dilemmas stories dalam pembelajaran kimia pada materi reduksi oksidasi dengan metode Think-Talk-Write (TTW). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Bekasi pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 10 sebanyak 39 siswa. Cerita dilema yang digunakan adalah cerita dilema aki bekas, dilema minyak jelantah, dilema kembang api, dan dilema limbah sampah.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan interpretivism paradigm. Teknik analisis data adalah analisa data kualitatif oleh Creswell. Sedangkan Quality standards yang digunakan adalah trustworthiness (kepercayaan) dengan kriteria credibility (kredibilitas), yaitu melalui member checking, prolonged engagement, dan progressive subjectivity.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan dilemmas stories dapat diterapkan dalam pembelajaran kimia materi reduksi oksidasi. Siswa tertarik dan terlibat aktif dalam pembelajaran kimia dengan cerita dilema. Peranan guru sebagai fasilitator dan motivator juga dirasakan oleh siswa dalam pembelajaran dilemmas stories. Implikasi yang muncul dalam pembelajaran dilemmas stories pada materi reduksi oksidasi yaitu meningkatkan soft skills siswa berupa kemampuan bekerja sama, empati komunikasi, berpikir kritis, kimia kontekstual, rasa ingin tahu, dan motivasi. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan dilemmas stories dengan metode Think-Talk-Write pada materi reduksi oksidasi dapat diterapkan dan dijadikan sebagai inovasi pembelajaran kimia pada kelas X semester 2.
Kata Kunci: Dilemmas Stories, Reduksi Oksidasi, Think-Talk-Write
Abstract
This study aims to investigate the application and implication of Dilemmas Stories approach in the Reduction and Oxidation Reaction by using Think Talk Write (TTW) method toward students’ soft skills. The study was done on the even semester in 2014/2015 academic year. The population of the study is 39 students of X MIA 10 class at SMAN 2 Bekasi. The dilemmas stories which used in this study are the dilemmas of ex-accu, waste cooking oil, fireworks and waste trash. This study used qualitative method by interpretivism paradigm. Data analysis technique used qualitative data analysis by Creswell. The quality standards used are trustworthiness (trust) with credibility criteria, by using member checking, prolonged engagement, and progressive subjectivity. The result showed that the dilemmas stories approach could be applied in chemical oxidation reduction learning. Students interested and actived in learning chemistry with the dilemma story. The role of the teacher as a facilitator and motivator also felt by students with dilemmas stories approach. The implications were found in oxidation reduction material with dilemmas stories approach are to develop students' soft skills such as the working together, relating to others, thinking deeply, contextual chemistry, curiosity, and motivation. The conclusion that the approach dilemmas stories with methods Think-Talk-Write in oxidation reduction material could be applied and used as learning innovation chemistry class X in the 2nd semester.
Key Words : dilemmas stories, reduction oxidation, think talk write
Bibliografi : lembar 122-124
SS00006558 | SK 6558 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain