Text
Studi tentang pendekatan dilemmas stories dalam pembelajaran kimia pada materi asam basa dengan metode Think Talk Write (TTW)
ABSTRAK
Intan Nur Aini 2015. Studi Tentang Pendekatan Dilemmas Stories dalam Pembelajaran Kimia pada Materi Asam Basa dengan Metode Think Talk Write (TTW). Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan implikasi pendekatan dilemmas stories pada materi asam basa dengan metode think talk write (TTW). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Tangerang pada Januari hingga Maret 2015. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 4 sebanyak 40 siswa. Cerita dilema yang digunakan adalah cerita dilema asam asetat, dilema minuman berkarbonasi, dilema obat antasida, dan dilema detergen. Metode pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi kelas, wawancara, penulisan reflektif jurnal siswa, serta kuesioner CCVLES. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Quality standard yang digunakan adalah trustworthiness (kepercayaan) dengan kriteria credibility (kredibilitas) melalui prolonged engagement, progressive subjectivity dan member checking.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan dilemmas stories dapat diterapkan dalam pembelajaran kimia pada materi asam basa. Melalui observasi kelas, wawancara, penulisan reflektif jurnal serta kuesioner CCVLES diketahui bahwa siswa tertarik dan termotivasi dalam belajar kimia melalui cerita dilema yang disajikan, siswa merasakan peranan guru sebagai fasilitator dan motivator dalam pembelajaran dilemmas stories. Implikasi yang muncul dari penerapan pendekatan dilemmas stories ini yaitu pengembangan soft skills siswa berupa kemampuan bekerjasama, empati komunikasi, berpikir kritis, kimia kontekstual, rasa ingin tahu, percaya diri serta tanggung jawab dalam diri siswa. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan dilemmas stories dengan metode Think Talk Write pada materi asam basa dapat diterapkan dalam pembelajaran kimia.
Kata Kunci: dilemmas stories, asam–basa, think-talk-write, kuesioner CCVLES
Bibliografi : lembar 111-113
SS00006563 | SK 6563 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain