Text
Analisis kemampuan argumentasi siswa SMA kelas XI menggunakan product life-cycle analysis assessment dalam pembelajaran kimia pada materi koloid
ABSTRAK
SITI YULIANITA UTAMI. Analisis Kemampuan Argumentasi Siswa SMA Kelas XI menggunakan Product Life-Cycle Analysis Assessment dalam Pembelajaran Kimia pada Materi Koloid. Skripsi. Jakarta. Program Studi Pendidikan Kimia. Jurusan Kimia. Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Jakarta. Juni 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan argumentasi siswa kelas XI yang muncul setelah dilaksanakannya pembelajaran dengan menggunakan Project Based Learning (PBL) dan Life-Cycle Analysis (LCA) pada materi koloid. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari sampai Mei 2015 di SMA Negeri 11 Jakarta. Jumlah subjek penelitian adalah 35 orang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, dan portofolio. Quality Standard yang digunakan adalah Credibility. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah cerita pretask, cerita posttask, kuesioner ahli, dan rubrik penilaian projek. Hasil argumentasi didapatkan pada saat praLCA yaitu sebelum diberikan pemahaman tentang LCA, dan pasca-LCA yaitu setelah diberikan pemahaman tentang LCA.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa siswa yang mampu memmenuhi tiga komponen dasar argumentasi pra-LCA berdasarkan aspek Toulmin Argumentation Pattern (TAP) yaitu sanggahan, penjelasan, dan tawaran adalah 25 orang siswa. Sedangkan, saat pasca-LCA siswa yang mampu memenuhi tiga kemampuan dasar argumentasi adalah 31 orang siswa. Dari segi aspek sosio-ekonomi, mora, ilmiah, dan ekologi, argumentasi siswa yang paling signifikan peningkatannya adalah argumentasi yang berkaitan dengan aspek ekologi, dan terbukti dengan perbedaan jumlah siswa yang berargumentasi saat pra-LCA dan pascaLCA adalah 9 orang. Sedangkan, argumentasi yang berkaitan dengan aspek sosio-ekonomi dan moral, mengalami peningkatan saat pra-LCA dan pasca-LCA adalah 8 orang, serta argumentasi siswa saat pasca-LCA memiliki penjelasan yang lebih mendalam pada setiap aspeknya. Dengan demikian, dapat disimpulakan bahwa penerapan Life-Cycle Analysis (LCA) dalam pembelajaran kimia mampu menumbuhkan kemampuan argumentasi siswa.
Kata kunci : Life-Cycle Analysis (LCA), Kemampuan Argumentasi
Abstract
This study is aimed to determine skill argumentation of a class XI student that appear after the implementation of learning by using Life-Cycle Analysis (LCA) Assessment on the colloidal material. The number of subjects was 35 people. This research is using a descriptive qualitative method. The author of this article obtained the data through interviews, documentation, and portfolio and used Credibility as the quality standard. This study uses a pretask story, post-task story, questionnaires experts, and project assessment rubric as its instruments. Argumentation results is obtained during pre-LCA and post-LCA. Based on the results of the study, only 25 students that were able to meet the three basic components of pre-LCA arguments base on the Toulmin Argumentation Pattern (TAP) aspects, i.e.: a refutation, explanation and bid. Meanwhile, in the post-LCA, only 31 students that were able to meet the three basic capabilities argumentation. In terms of socio-economic aspects, morality, scientific, and ecological arguments, the most significant students' improvement is in the argument relating to the ecological aspect. And it is proved by the difference in the number of students who argued during pre- and post-LCA, that is nine people. Meanwhile, the number of students' arguments relating to the socio-economic aspects and moral during the pre- and post-LCA increased to eight people. Also, every aspect of the post-LCA students' arguments had deeper explanations. Thus, we can conclude that the application of Life-Cycle Analysis (LCA) in chemistry lesson can improve the students' argument ability.
Keywords : Life-Cycle Analysis, Argumentation skills
Bibliografi : lembar 121-123
SS00006576 | SK 6576 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain