Text
Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa fakultas ekonomi menjadi anggota Koperasi Mahasiswa (Kopma) Universitas Negeri Jakarta
iii
ABSTRAK
ALIT UMMAYAH. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Fakultas Ekonomi Menjadi Anggota Koperasi Mahasiswa (Kopma) Universitas Negeri Jakarta. Konsentrasi Pendidikan Ekonomi Koperasi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurusan Ekonomi dan Administrasi. Fakultas ekonomi. Universitas Negeri Jakarta. 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra Koperasi Mahasiswa, pengetahuan tentang koperasi, dan kualitas pelayanan terhadap minat menjadi anggota Kopma UNJ pada mahasiswa Fakultas Ekonomi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Juni 2015 di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ex post facto dengan pendekatan korelasional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes penelitian. Populasi penelitian adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Pengambilan sampel menggunakan teknik acak secara proporsional sebesar 10%. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa: 1) Terdapat pengaruh positif citra Koperasi mahasiswa terhadap minat menjadi anggota Koperasi mahasiswa berdasarkan perolehan nilai thitung > ttabel (2,263 > 1,997). 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pengetahuan tentang koperasi terhadap minat menjadi anggota Koperasi mahasiswa berdasarkan perolehan nilai thitung > ttabel (3,556 > 1,997). 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap minat menjadi anggota Koperasi mahasiswa berdasarkan peroleha nilai thitung > ttabel (3.544 >1,997). 4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan citra Koperasi mahasiswa, pengetahuan tentang koperasi, dan kualitas pelayanan terhadap minat menjadi anggota Koperasi mahasiswa berdasarkan perolehan Fhitung > Ftabel (16,98 > 2,744). 5) Sumbangan pengaruh citra Koperasi mahasiswa, pengetahuan tentang koperasi dan kualitas pelayanan terhadap minat menjadi anggota Koperasi mahasiswa sebesar 43,6% dan sisanya sebesar 56,4% dipengaruhi oleh faktor lainnya.
Kata Kunci : Minat Menjadi Anggota Kopma, Citra Koperasi Mahasiswa, Pengetahuan Tentang Koperasi, Kualitas Pelayanan, Analisis Regresi Berganda
Bibliografi : lembar 139-142
SS00006584 | SK 6584 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain