Text
Hubungan antara pengaturan diri dalam belajar (Self-Regulated Learning) dengan prestasi belajar pada siswa kelas XI SMKN 48 Jakarta
ABSTRAK
RIZQIE BARKAH A. Hubungan Antara Pengaturan Diri dalam Belajar (Self-Regulated Learning) dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas XI SMKN 48 Jakarta. Skripsi, Jakarta. Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui sejauh mana variabel pengaturan diri dalam belajar mempengaruhi variabel prestasi belajar pada siswa kelas XI di SMKN 48 Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMKN 48 Jakarta selama 4 bulan terhitung sejak maret 2015 sampai dengan Juni 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMKN 48 Jakarta, dengan populasi terjangkaunya adalah seluruh siswakelas XI Pemasaran SMKN 48 Jakarta yang berjumlah 72 siswa. Sampel diambil dari populasi terjangkau berdasarkan tabel penentuan jumlah sampel dari Isaac and Michael dengan taraf kesalahan 5% sebanyak 58 siswa.
Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ= 57,97 + 0,18X. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji Liliefors menghasilkan Lhitung = 0,0772, sedangkan Ltabel untuk n = 56 pada taraf signifikan 5% adalah 0,1163. Karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Uji linearitas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel, yaitu 0,41 < 1,90 sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linear. Uji hipotesis yaitu uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel, yaitu 12,66 > 4,01, artinya persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi product moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0,43, selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji-t dan dihasilkan thitung = 3,56 dan ttabel = 1,67. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,43 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 18,49% yang menunjukkan bahwa 18,49% variasi prestasi belajar siswaditentukan oleh pengaturan diri dalam belajar.
Kata kunci: Prestasi Belajar, Pengaturan Diri dalm Belajar
Bibliografi : lembar 67-69
SS00006587 | SK 6587 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain