Text
Hubungan antara perluasan merek dengan citra merek Dove pada warga rt 004/rw 004 Larangan Indah Tangerang
ABSTRAK
TEGAR MASYA PAHARA. Hubungan antara Perluasan Merek dengan Citra
Merek Dove pada Warga RT004/RW004 Larangan Indah Tangerang. Skripsi,
Jakarta: Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Jurusan Ekonomi dan
Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Juni 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara
Perluasan Merek dengan Citra Merek Dove pada Warga RT004/RW004 Larangan
Indah Tangerang . Penelitian ini dilakukan selama empat bulan terhitung Maret 2015
sampai Juni 2015. Adapun metode yang digunakan adalah metode survei dengan
pendekata n korelasional. Populasi penelitian ini adalah warga RT004/RW004
Larangan Indah Tangerang yang pernah dan masih menggunakan merek Dove
sebanyak 68 orang. Sampel penelitian ini adalah warga RT004/RW004 Larangan
Indah Tangerang yang pernah dan masih menggunakan merek Dove diambil
sebanyak 58 orang berdasarkan table Isaac & Michael penentuan jumlah sampel dari
populasi tertentu dengan taraf kesalahan 5% .Sampel yang digunakan sebanyak 58
orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Perluasan Merek dengan
Citra Merek menghasilkan koefisien arah regresi sebesar 0,59 dan menghasilkan
konstanta sebesar 32,30. Dengan demikian, bentuk hubungan antara Perluasan Merek
dengan Citra Merek memiliki persamaan regresi Ŷ = 32,30 + 0,59 X. Hasil
perhitungan Uji Lilliefors menyimpulkan bahwa galat taksiran regresi Y atas X
berdistribusi normal. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan Lo = 0,074
sedangkan Lt = 0,116 ini berarti Lo< Lt. Hubungan antara Perluasan Merek (variabel
X) dengan Citra Merek (variabel Y) adalah linier dan signifikan dengan nilai regresi
signifikan Fhitung (6,80) >Ftabel (4,01) dan nilai regresi linier Fhitung (1,00) < Ftabel (1,86).
Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Perluasan Merek dengan Citra
Merek Dove pada warga RT004/RW004 Larangan Indah Tangerang, hal ini dapat
ditunjukkan dari nilai thitung = 2.60 > ttabel = 1,67, artinya semakin efektif Perluasan
Merek maka akan semakin meningkat Citra Merek, sebaliknya jika Perluasan Merek
yang dilakukakan tidak efektif maka akan mengakibatkan menurunnya Citra Merek.
Hasil perhitungan koefisien korelasi antara Perluasan Merek (variabel X)
dengan Citra Merek (variabel Y) diperoleh koefisien korelasi rxy adalah 0.329. Besar
variasi Citra Merek ditentukan oleh terjadinya Perluasan Merek sebesar 10,83%.
Citra Merek Dove pada Warga RT004/RW004 Larangan Indah Tangerang ditentukan
oleh Perluasan Merek sebesar 10,83% dan sisanya sebesar 89,17% dipengaruhi oleh
faktor-faktor lain yaitu kepuasan pelanggan dan iklan.
Kata kunci: Citra Merek, Perluasan Merek.
Bibliografi : lembar 74-76
SS00006591 | SK 6591 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain