Text
Hubungan konsep diri dengan kemandirian belajar pada siswa kelas XI Akuntansi SMKN 48 Jakarta
ABSTRAK
VERTIKAL PUSPA JATI. Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi SMKN 48 Jakarta. Skripsi, Jakarta: Konsentrasi Pendidikan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan fakta yang valid tentang hubungan antara konsep diri dengan kemandirian belajar siswa kelas XI Akuntansi SMKN 48 Jakarta. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey dengan pendekatan korelasional. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei sampai dengan Juni 2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMKN 48 Jakarta. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi yang berjumlah 70 siswa. Jumlah sampel yang dijadikan penelitian adalah 58 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik acak proporsional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berbentuk kuesioner berjumlah 40 butir untuk konsep diri siswa dan 27 butir untuk variabel kemandirian belajar siswa. Dari uji persyaratan analisis yang dilakukan, data dinyatakan berdistribusi normal dan linier dengan persamaan regresi Ŷ = 40,94 + 0,341X. Data dinyatakan normal karena hasil dari Lhitung< Ltabel dengan jumlah Lhitung sebesar 0,078 dan Ltabel dengan taraf signifikan 5% serta n = 58 orang maka 0,116. Berdasarkan uji linieritas regresi, didapatkan hasil data berbentuk linier yaitu hasil fhitung< ftabel dengan hasil perhitungan fhitung sejumlah 1,69 dan ftabel sebesar 1,88. Berdasarkan uji hipotesis, untuk uji keberartian regresi didapatkan hasil data bahwa regresi diperoleh memiliki keberartian atau signifikan yaitu hasil perhitungan didapatkan bahwa Fhitung> Ftabel dengan Fhitung sebesar 7,79 dan Ftabel sebesar 4,02. Uji koefisien korelasi didapatkan dari hasil perhitungan bahwa rxy sebesar 0,349 yang artinya bahwa terdapat hubungan yang cukup kuat antara konsep diri siswa dengan kemandirian belajar. Berdasarkan uji keberartian koefisien korelasi (Uji-t) didapatkan hasil bahwa thitung sebesar 2,79 dengan ttabel pada n-2 (58-2) = 1,67. Hal ini berarti terdapat hubungan yang signifikan di antara kedua variabel karena hasil thitung> ttabel. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi untuk kedua variabel menghasilkan 0,1221 yang berarti bahwa sebesar 12,21% konsep diri dapat mempengaruhi kemandirian belajar siswa.
Kata Kunci: Konsep Diri, Kemandirian Belaja
Bibliografi : lembar xiv-xv
SS00006597 | SK 6597 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain