Text
Pengaruh efektivitas media pembelajaran dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri Jakarta Timur (studi kasus siswa kelas XI IPS tahun ajaran 2014/2015)
iii
ABSTRAK
SRI RAHAYUNINGSIH. “Pengaruh Efektivitas Media Pembelajaran dan Kreativitas Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri Jakarta Timur (Studi Kasus Siswa Kelas XI IPS Tahun Ajaran 2014/2015)”. Skripsi. Pendidikan Ekonomi Koperasi. Jurusan Ekonomi dan Administrasi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Jakarta. 2015. Dosen Pembimbing: Ari Saptono, SE., M.Pd dan Dr. Siti Nurjanah, SE, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh efektivitas media pembelajaran dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri Jakarta Timur, studi kasus pada siswa kelas XI IPS Tahun Ajaran 2014/2015. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa dokumen hasil Ujian Akhir Semester tahun akademik 2014/2015 dan data primer berupa kuesioner yang menggunakan skala likert. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil belajar ekonomi, efektivitas media pembelajaran, dan kreativitas belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ex post facto. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji persyaratan data, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis, analisis koefisien korelasi dan analisis koefisien determinasi, pengolahannya menggunakan aplikasi SPSS versi 16. Hasil analisis data diketahui bahwa: 1) Terdapat pengaruh positif antara efektivitas media pembelajaran terhadap hasil belajar ekonomi berdasarkan perolehan nilai thitung > ttabel (7,325 > 1,971). 2) Terdapat pengaruh positif antara kreativitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi berdasarkan perolehan nilai thitung > ttabel (7,652 > 1,971). 3) Terdapat pengaruh positif antara efektivitas media pembelajaran dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi berdasarkan perolehan nilai Fhitung > Ftabel (85,757 > 3,039). 4) Sumbangan pengaruh efektivitas media pembelajaran dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi sebesar 45,3% dan sisanya sebesar 54,7% dipengaruhi oleh faktor lainnya.
Kata Kunci : Hasil Belajar Ekonomi, Efektivitas Media Pembelajaran, Kreativitas
Belajar, Regresi Linear Berganda.
Bibliografi : lembar 92-95
SS00006605 | SK 6605 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2015.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain