Text
Hubungan antara pelayanan prima dengan kepuasan pelanggan UPT Perpustakaan pada mahasiswa program studi pendidikan tata niaga fakultas ekonomi Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
KHAIRUL ANWAR, Hubungan Antara Pelayanan Prima
DenganKepuasanPelanggan UPT PerpustakaanPadaMahasiswa Program
StudiPendidikan Tata NiagaFakultasEkonomiUniversitasNegeriJakrata.
Skripsi, Jakarta : Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Jurusan Ekonomi
dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini dilakukan selama 4 bulan terhitung sejak bulan Maret
sampai Juni 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey
pendekatan korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Program
StudiPendidikan Tata NiagaFakultasEkonomiUniversitasNegeri Jakarta. Populasi
terjangkau penelitian ini adalah Mahasiswa Program StudiPendidikan Tata
Niagaangkatan 2011, 2012, dan 2013 mahasiswa yang berjumlah 118 orang.
Sampel penelitian sebanyak 89 orangmahasiswa, dengan menggunakan teknik
purposivesampel.
Untuk menjaring data variabel X (Pelayanan Prima),danvariabel Y
(KepuasanPelanggan) digunakan instrumen berbentuk kuesioner, yang disebar
kepada Mahasiswa Program Studi Tata Niaga, setelah itu dilakukan uji validitas
isi melalui proses validasi yaitu perhitungan koefisien korelasi skor butir dengan
skor total dan uji realibilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas
variabel X (Pelayanan Prima) sebesar 0,926.Sedangkanhasilrealibilitasvariabel Y
(KepuasanPelanggan) sebesar 0,955.
Teknik analisis data dimulai dengan mencari persamaan regresi yang di
dapat adalah Ŷ = 48,06 + 0,673 X. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas
galat taksiran regresi atas X dengan menggunakan uji Liliefors dan diperoleh
Lhitung = 0,049 dibandingkan dengan Ltabel pada taraf signifikan 0,05 sebesar 0,089.
maka Lo Ftabel (3,96), ini
membuktikan bahwa regresi berarti. Uji koefisien korelasi product moment
menghasilkan rxy sebesar 0,574. Kemudian dilanjutkan dengan uji signifikansi
koefisien dengan menggunakan uji t. Hasil yang diperoleh adalah thitung (6,53),
sedangkan ttabel pada dk = n – 2 = 62 – 2 = 60 dan taraf signifikansi 0.05 adalah
1.68, berarti thitung> ttabel.
Perhitungan koefisien determinasi menghasilkan rxy
2 = 0.3291 = 32,91. ini
menunjukkan bahwa 67,09% variasi kepuasanpelanggan ditentukan oleh
pelayanan prima perpustakaan. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat
hubungan positif antara pelayanan prima dengan kepuasanpelangganUPT
Perpusatakaanpada Mahasiswa Program StudiPendidikan Tata
NiagaUniversitasNegeri Jakarta.
Kata Kunci : Pelayanan Prima, KepuasanPelanggan.
Bibliografi : lembar 73-75
SS00006611 | SK 6611 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain