Text
Peningkatan kecerdasan interpersonal siswa melalui model cooperative learning type group investigation dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN Guntur 01 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan
PENINGKATAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGITION DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SDN GUNTUR 01 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN
(2015)
Stanie Christianti Usman
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal pada siswa kelas V di SDN Guntur 01 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan melalui model cooperative learning tipe group investigition dalam pembelajaran IPA. Penelitian Tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN Guntur 01 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan pada waktu semester II tahun pelajaran 2014/2015. Jenis metodologi penelitian ini adalah model siklus dari Kemmis and Mc. Taggart, dan setiap siklus dari 4 tahap yaitu Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, dan Refleksi. Instrumen data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes, nontes, catatan lapangan dan dokumentasi berupa foto. Hasil dari penelitian ini adalah tercapainya target yang telah ditetapkan oleh peneliti pada instrument kecerdasan interpersonal 75% dan instrumen pemantau 80%. Adapun hasil yang telah dicapai pada siklus I persentase pemantau mencapai 70,83% dan persentase yang didapat dari hasil instrument kecerdasan interpersonal siswa pada siklus I 66,67%. Pada siklus II jumlah siswa 30 pada hasil instrumen kecerdasan interpersonal siswa meningkatkan menjadi 76,67% sedangkan pada data pemantauan terjadi peningkatan 81,25%. Dengan demikian tercapailah sudah target yang diharapkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hipotesis diterima dan implikasinya adalah dengan menggunakan model cooperative learning tipe group investigition dalam pembelajaran IPA akan meningkatkan hasil kecerdasan interpersonal pada siswa.
Kata Kunci: Kecerdasan Interpersonal, Model Cooperative Learning Tipe Group Investigition
INTERPERSONAL INTELLIGENCE THROUGH IMPROVED STUDENT MODEL TYPE OF COOPERATIVE LEARNING GROUP INVESTIGITION IPA IN LEARNING IN CLASS V SDN GUNTUR 01 PAGI SETIABUDI SOUTH JAKARTA
(2015)
Stanie Christianti Usman
ABSTRACT
The purpose of this action research is to improve interpersonal intelligence in fifth grade students at SDN 01 Pagi Guntur Setiabudi, South Jakarta through a model of cooperative learning group type investigition in science learning. This classroom action research conducted at SDN 01 Pagi Guntur Setiabudi, South Jakarta at the time of the second semester of the academic year 2014/2015. This type of research methodology is the model cycle of Kemmis and Mc. Taggart, and every cycle of four stages: planning, action, observation, and reflection. Instrument data using a test instrument, nontes, field notes and documentation in the form of photos. Results of this study was the achievement of the targets set by the instrument of interpersonal intelligence researcher at 75% and 80% of instrument monitors. The results achieved in the first cycle monitoring percentage reached 70.83% and the percentage obtained from the instrument interpersonal intelligence students in the first cycle 66.67%. In the second cycle students number 30 on the results of students' interpersonal intelligence instrument into a 76.67% increase, while the monitoring data increased 81.25%. Thus the expected target was reached already. The conclusion of this study is hypothesis is accepted and the implication is to use cooperative learning model of the type of group investigition in science learning will improve the results of interpersonal intelligence in students.
Keywords: Interpersonal Intelligence, Cooperative Learning Model Type Group Investigition
Bibliografi : lembar 86-87
SS00006634 | SK 6634 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2015.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain