Text
Penyebab ketidaksukaan siswa SMP terhadap mata pelajaran IPS (studi kasus guru dan siswa kelas VIII SMPN 74 Rawamangun Jakarta Timur)
ABSTRAK iii
RIANTY ESKA PUTRI, Penyebab Ketidaksukaan Siswa Terhadap Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial IPS, Studi Kasus Siswa Kelas VIII SMPN 74 Rawamangun Jakarta Timur, Skripsi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta ,2015.
Penelitian ini bertujuan mengetahui penyebab ketidaksukaan siswa terhadap mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial khususnya kelas VIII di SMPN 74 Rawamangun Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober hingga Desember 2014 sebagai pra observasi dan Januari hingga Maret 2015 sebagai pelaksanaan observasi pengumpulan data. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif studi kasus,dimana peneliti melakukan penelitian dengan cara pengamatan terhadap beberapa Informan Inti yaitu guru IPS di sekolah tersebut, dan Informan kunci yaitu para siswa dan siswi kelas VIII SMPN 74 dimana para informan inti dan kunci tersebut mengetahui informasi sesuai dengan fokus penelitian.
Bedasarkan penelitian, penyebab ketidaksukaan siswa terhadap mata pelajaran IPS dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor guru dan faktor siswa. Faktor yang berasal dari guru terlihat dari cara
pengajaran yang kurang efektif, meliputi kurangnya interaksi antara guru dengan siswa, dan kurangnya penggunaan strategi serta media pembelajaran yang diberikan dalam kegiatan pembelajaran IPS. Sedangkan faktor yang berasal dari siswa terlihat dari permasalahan belajar yang mereka alami, permasalahan belajar yang dialami juga dibagi menjadi dua faktor yaitu faktor intern dan ekstern. Faktor intern terlihat dari siswa yang malas membawa buku IPS,kurangnya konsentrasi dan kurangnya keinginan untuk belajar IPS, sedangkan faktor ekstern adalah ketidaksukaan siswa terhadap guru IPS. Pola tingkah laku siswa saat kegiatan pembelajaran IPS pun berkaitan erat dengan penyebab ketidaksukaan siswa terhadap mata pelajaran IPS seperti siswa yang bercanda, mengobrol, tidak memperhatikan pelajaran bahkan siswa yang tertidur saat kegiatan pembelajaran IPS tengah berlangsung. Permasalahan ketidaksukaan siswa terhadap mata pelajaran IPS dapat diatasi dengan melaksanakan kegiatan pembelajaran diluar kelas, ataupun pelaksanaan strategi dan media pelajaran yang dikembangkan dalam menumbuhkan minat siswa dalam kegiatan pembelajaran IPS.
Kata kunci : Penyebab ketidaksukaan siswa terhadap IPS, Permasalahan pengajaran Guru,Permasalahan belajar IPS pada siswa, Faktor Intern & Ekstern siswa.
Bibliografi : lembar 150-151
SS00006641 | SK 6641 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2015.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain