Text
Perilaku sosial mahasiswi yang bekerja sebagai sales promotion girl (studi kasus perilaku sosial mahasiswi yang bekerja sebagai PSG di Jakarta Selatan)
ABSTRAK
RAHMAYANTI SUKOWATI, Perilaku Sosial Mahasiswi Yang Bekerja
Sebagai Sales Promotion Girl (SPG).( Studi Kasus Perilaku Sosial Mahasiswi yang Bekerja Sebagai SPG di Jakarta Selatan). Skripsi Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS), Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2015.
Penelitian ini bertujuan mengkaji perilaku sosial mahasiswi yang bekerja sebagai sales promotion girl dilihat dari perilaku sosial serta sikap tanggung jawab dan percaya diri mahasiswi, cara interaksi sosial dengan orang lain, pergaulan serta gaya hidup konsumtif mahasiswi ketika bekerja sebagai sales promotion girl. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif (studi kasus) dengan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling dan snowball sampling. Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan kepustakaan. Analisis data mulai dari reduksi data, penyajian data, hingga penarikan keseimpulan atau verifikasi data. Serta teknik keabsahan data yang digunakan berupa perpanjangan pengamatan, triangulasi, dan kecukupan referensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi perubahan tingkah laku
mahasiswi yang bekerja sebagai sales promotion girl dalam hal tanggung jawab, percaya diri, pergaulan dan gaya hidup konsumtif semuanya terjadi karena adanya penyesuaian diri dan interaksi sosial dari mahasiswi tersebut yang berasal dari faktor internal dan eksternal. Perilaku sosial mereka akan berdampak pada kehidupan mereka yang menjadikan mereka lebih mandiri dan bekerja keras dalam bekerja maupun kuliah dengan menggunakan manajemen waktu yang baik.
Kata Kunci: Perilaku Sosial, Mahasiswi, Interaksi Sosial, Pergaulan.
Bibliografi : lembar 152-153
SS00006653 | SK 6653 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain