Text
Identifikasi model mental siswa kelas X dalam pembelajaran kimia pada materi reaksi oksidasi-reduksi
ABSTRAK
Yunita Hasniati 2015. Identifikasi Model Mental Siswa Kelas X Dalam Pembelajaran Kimia Pada Materi Reaksi Oksidasi-Reduksi. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi model mental siswa dalam pembelajaran kimia pada materi reaksi oksidasi-reduksi. Penelitian dilakukan di SMAN 12 Jakarta. Sampel penelitian yaitu siswa kelas X MIA 2 yang berjumlah 35 orang siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan memberikan instrumen tes uraian, observasi kegiatan pembelajaran , dan wawancara. Penelitian ini mengkategorikan model mental siswa berdasarkan model mental ilmiah dan model mental alternatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih dominan menggunakan model mental alternatif dibandingkan model mental ilmiah dalam merepresentasikan pemahamannya. Kemampuan siswa merepresentasikan pemahamannya tertinggi pada level makroskopik. Sebagian besar siswa sulit merepresentasikan pemahamannya ke dalam level sub-mikroskopik. Dari 35 orang siswa, tidak terdapat siswa yang menggunakan konsep transfer elektron dalam menjelaskan terjadinya reaksi redoks secara sub-mikroskopik.
Kata kunci : Model mental, reaksi oksidasi-reduksi
Bibliografi : lembar 86-87
SS00006946 | SK 6946 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain