Text
Pengaruh penggunaan trainer kelistrikan sepeda motor sebagai media pembelajaran dalam mata kuliah teknik instalasi khusus terhadap hasil belajar
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar antara mahasiswa yang diajar dengan media pembelajaran trainer kelistrikan sepeda motor dan metode pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah perancangan instalasi khusus di Universitas negeri Jakarta. Sampel yang diambil sebanyak 30 mahasiswa X1 dan 30 mahasiswa X2 secara Random Sampling. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, X1 sebagai kelompok eksperimen I diberi perlakuan menggunakan media pembelajaran trainer kelistrikan sepeda motor , sedangkan X2 sebagai kelompok eksperimen II diberi perlakukan menggunakan metode pembelajaran konvensional. Uji normalitas menggunakan uji Liliefors pada X1 didapatkan Lhitung = 0,104 dan Ltabel = 0,161, sedangkan pada X2 didapatkan Lhitung = 0,093 dan Ltabel = 0,161 keduanya dengan N = 30 dan taraf nyata α = 0,05. Karena pada kedua kelas Lhitung < Ltabel maka kesimpulannya adalah data berasal dari populasi yang normal. Uji homogenitas menggunakan uji Fisher didapatkan Fhitung = 1,193 dan Ftabel = 1,854, dengan signifikansi α = 0.05 maka dapat diartikan bahwa kedua data adalah homogen. Rerata hasil belajar kelas eksperimen I sebesar 77,60 dan rerata hasil belajar kelas eksperimen II sebesar 67,26. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung 7,437>ttabel 2,045. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara mahasiswa yang diajar dengan menggunakan media trainer dan metode pembelajaran konvensional pada tahun ajaran 2014/2015. Dari hasil penelitian terbukti bahwa media pembelajaran trainer kelistrikan sepeda motpr dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Perancangan Instalasi Khusus.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Pembelajaran Trainer Kelistrikan Sepeda Motor, dan Metode Pembelajaran Ceramah
Abstrak
This study aims to know the impact of test results between students who taught by using electrical trainer motorcycles and student who taught by using traditional methods. The study population is students who took a course design special installation at the University of Jakarta. Samples taken as many as 30 students X1 and 30 students X2 are random sampling.
The research method used was experimental method, X1 as the first experimental group was treated using instructional media trainer electrical motorcycles, while X2 as an experimental group II were given treatment using conventional teaching methods.
Liliefors normality test using the test on the X1 obtained Calculate = 0.104 and Ltabel = 0.161, while the X2 obtained Lhitung = 0.093 and Ltabel = 0.161 both with N = 30 and α = 0.05 level of significance. Because the second grade Lhitung
SS00006954 | SK 6954 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain