Text
Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis
ABSTRAK
MUHAMMAD HIDAYAT, Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran yang sesuai dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa serta untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran diskusi kelompok dengan pendekatan saintifik (konvensional).
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X IPA di SMA Negeri 27 Jakarta semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experiment (eksperimen semu). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan menentukan kelas eksperimen (model PBL) dan kelas kontrol (model konvensional) dari tiga kelas yang dipilih secara acak. Kedua kelas ekperimen yang telah dipilih berasal dari populasi yang berdistribusi normal, memiliki varians yang sama atau homogen, dan memiliki kesamaan rata-rata.Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis pada pokok bahasan Peluang sebanyak 6 soal uraian. Sebelum digunakan, instrumen tersebut telah melalui uji validitas isi, validitas konstruk, dan validitas empirik. Perhitungan reliabilitas dilakukan dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,6622 yang termasuk dalam kategori cukup.
Berdasarkan perhitungan data penelitian, kedua kelas penelitian berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan memiliki varians yang sama atau homogen. Oleh karena itu, pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji- dengan varians yang sama dan taraf signifikansi α = 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran PBL lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajarn konvensional.
Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Model diskusi kelompok dengan pendekatan saintifik (konvensional), Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis
Bibliografi : lembar 77-80
SS00006970 | SK 6970 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain