Text
Perbedaan hasil belajar mata kuliah kosmetika tradisional antara yang menggunakan model pembelajaran talking stick dengan snowball throwing pada mahasiswa 2013 Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
SUKMA ISTIANI PUTRI, Perbedaan Hasil Belajar Mata Kuliah Kosmetika Tradisional Antara Yang Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Dengan Snowball Throwing Pada Mahasiswa 2013 Unj. Skripsi: Program Studi Pendidikan Tata Rias, Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data yang sahih, benar, dan dapat dipercaya secara empiris mengenai Perbedaan Hasil Belajar mata kuliah Kosmetika Tradisional antara yang menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick dan Snowball Throwing pada mahasiswa program studi pendidikan tata rias pada materi perawatan badan. Penelitian ini dilakukan pada bulan april 2015 gedung H lantai 3 Ruang 312 di Universitas Negeri Jakarta dengan menggunakan metode quasi eksperimen.
Populasi target dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2013 sebanyak 40 orang yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas sie1 sebanyak 22 mahasiswa dan kelas sie2 sebanyak 18 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan sampling jenuh, uji coba instrument penelitian dilakukan untuk mengetahui tingkat validitas dan reabilitas instrument yang akan dijadikan alat pengumpul data. Dari pengujian validitas instrument menghasilkan 20 butir soal . untuk uji reabilitas instrument menghasilkan angka reabilitas sebesar 0,982, menunjukan instrument penelitian memiliki reabilitas yang sangat tinggi.
Untuk uji persyaratan analisis, peneliti menggunakan uji normalitas Liliefors yang menghasilkan Lhitung kelas eksperimen pertama sebesar 0,1583 dan Lhitung kelas eksperimen kedua sebesar 0,1702 dengan Ltabel pada kelas eksperimen pertama sebesar 0,190 dan Ltabel pada kelas eksperimen kedua sebesar 0,206 dengan taraf signifikan 0.05. hal ini memyatakan bahwa populasi pada kedua kelas eksperimen berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas menggunakan uji kesamaan dua varians menghasilkan Fhitung 1,33 dengan Ftabel 2,26, karena Fhitung (1,33) < Ftabel (2,26). Jadi hipotesis Hi diterima dan hipotesis Ho di tolak maka disimpulkan bahwa variansi populasi antar kedua kelompok eksperimen adalah homogeny.
Pengujian hipotesis pada penelitian ini dengan menggunakan uji-t menghasilkan angka sebesar thitung sebesar 2,05 lebih besar dari pada ttabel sebesar 1,69, maka hipotesis Hi diterima sedangkan hipotesis Ho ditolak. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan hasil belajar mata kuliah kosmetika tradisional antara yang menggunakan model pembelajaran talking stick dan model pembelajaran snowball throwing pada mahasiswa tat arias 2103 UNJ.
ABSTRACT
SUKMA ISTIANI PUTRI, The Difference between Traditional Cosmetic Subject's Learning Result using Talking Stick Model and Snowball Throwing Model on Beauty Art Students 2013 UNJ. Undergraduate thesis: Health and Beauty Study Program, Home Economic Major, Faculty of Technique, State University of Jakarta. 2015.
This research aimed to acquire the valid, true, and reliable data empirically about the difference between traditional cosmetic subject's learning result using Talking Stick and Snowball Throwing model on beauty art study program's students within body treatment material. This research was done on April 2015 at H building 3rd floor room 312 State University of Jakarta using quasi experiment method. The target population in this research is students in the academic year 2013 as much as 40 students consists of 2 class those are sie 1 class as much as 22 students and sie 2 class as much as 18 students. The collecting sample technique is pure sample with the instrument test was done to know the validity and reliability level of instrument that will be the collecting data tools. From the instrument validity test, there are 20 questions in the instrument. For the instrument reliability test, the result is 0,982, showed that the research instrument has very high reliability. In the standard analysis test, the researcher uses normality test Liliefors which resulted Lcount of first experiment class as much as 0,1583 and Lcount of second experiment class as much as 0,1702 with Ltable on the first experiment class as much as 0,190 and Ltable on the second experiment class as much as 0,206 with significant level of 0.05. It shows that the population on the two experiment classes have normal distribution. For the homogenity test, it uses two variances similarity test which resulted Fcount 1,33 with Ftable 2,26, because Fcount (1,33) < Ftable (2,26). So that the Hi hypothesis is accepted and Ho hypothesis is rejected and can be concluded that the variance of population on the two experiment classes is homogeny. The hypothesis test on this research used t-test which resulted tcount as much as 2,05 more than ttable as much as 1,69, so that the Hi hypothesis is accepted while Ho is rejected. The result of the study shows that there is the difference between the traditional cosmetic subject's learning result using talking stick model and snowball throwing model on the beauty art students of 2013 UNJ.
Bibliografi : lembar 59-60
SS00006707 | SK 6707 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain