Text
Implikasi pendekatan socio-critical dan problem-oriented dalam pembelajaran kimia pada materi asam basa
ABSTRAK
Endang Natalya. Implikasi Pendekatan Socio-Critical dan ProblemOriented dalam Pembelajaran Kimia pada Materi Asam Basa.Skripsi.Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implikasi pendekatan Sociocritical dan Problem-oriented dalam pembelajaran kimia pada materi Asam Basa kelas XI MIPA 2 di SMA Negeri 4 Jakarta yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Desember 2014 hingga Maret 2015.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif berdasarkan interpretivism paradigm.Fokus penelitian ini adalah implikasi yang muncul dalam pembelajaran kimia pada materi Asam Basa yang didukung dengan menggunakan media pembelajaran artikel Socio-critical dan Problemoriented.Penelitian ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap kegiatan awal, tahap kegiatan pelaksanaan, dan tahap kegiatan akhir. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara siswa, reflektif jurnal siswa, observasi kelas, dokumentasi, lembar kerja siswa, dan data instrumen VLES-Modified. Pengumpulan data tersebut mengacu pada enam kategori, yaitu metode pembelajaran, guru, kerja sama, empati komunikasi, berpikir kritis, dan refleksi isu-isu sosial serta implikasi lain yang muncul dalam penelitian.
Hasil penelitian menggunakan pendekatan Socio-critical dan Problemoriented mununjukkan bahwa siswa telah merasakan implikasi dari pembelajaran kimia yang bersifat aplikatif dan kontekstual, yaitu siswa menjadi tertarik dan termotivasi untuk mengeksplorasi dan mengembangkan soft skills yang dimilikinya dalam mempelajari kimia diantaranya seperti saling bekerjasama, berkomunikasi, dan berpikir kritis dalam menghadapi dan mengambil keputusan terhadap permasalahan kimia yang banyak terjadi dalam kehidupan sehari-hari serta bertanggung jawab untuk dapat menerapkan hasil-hasil pemikirannya dalam kehidupan bermasyarakat, selain itu siswa juga memiliki rasa ingin tahu, rasa percaya diri, kemampuan berargumentasi, dan daya kreativitas yang semakin meningkat.
Kata Kunci: Pendekatan Socio-critical dan Problem-oriented, Pembelajarankimia, Asam Basa
Bibliografi : lembar 155-156
SS00006718 | SK 6718 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2020.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain