Text
Implikasi pendekatan Socio-critical dan Problem-oriented dalam pembelajaran kimia pada materi koloid
ABSTRAK
SITI FAHRIYAH NUR.Implikasi Pendekatan Socio-critical dan Problemoriented dalam Pembelajaran Kimia pada Materi Koloid. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implikasi pendekatan Sociocritical dan Problem-oriented dalam pembelajaran kimia pada materi koloid kelas XI SMA. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2014/ 2015 dengan sampel sebanyak 36 siswa di SMA Negeri 89 Jakarta.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dalam interpretivism paradigm. Penelitian ini terfokus kepada implikasi pendekatan Sociocritical dan Problem-oriented. Pengambilan data dilakukan dengan mewawancarai siswa, instrumen VLES-Modified digunakan untuk mengetahui metode yang diterapkan, dukungan guru dalam pembelajaran, kemampuan kerjasama, kemampuan empati komunikasi siswa, kemampuan berpikir kritis, dan refleksi isu-isu sosial siswa. Reflektif jurnal berupa catatan harian guru dan siswa, serta lembar observasi selama pelaksanaan penelitian.
Berdasarkan hasil analisis data mengenai implikasi pendekatan Sociocritical dan Problem-oriented dalam pembelajaran kimia pada materi koloid. Pendekatan ini memiliki implikasi terhadap kemampuan kerjasama yang terbentuk antara siswa yang satu dengan yang lain dalam diskusi kelompok dan memutuskan pendapat yang akan disampaikan, kemampuan empati komunikasi siswa terbentuk dalam menyampaikan pendapat baik dalam forum diskusi maupun di luar forum diskusi, kemampuan berpikir kritis siswa ketika memperoleh permasalahan baru yang berkaitan dengan pembelajaran kimia, refleksi isu sosial ilmiah, dan percaya diri siswa selama pembelajaran serta dapat teraplikasi dalam kehidupan sehari-hari.
Kata kunci: implikasi pendekatan, Socio-critical dan Problem-oriented, Pembelajaran kimia, koloid
Bibliografi : lembar 99-101
SS00006719 | SK 6719 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain