Text
Kajian fungsi tools pada platform : chamilo dan edmodo berdasarkan prinsip nine events of instruction
KAJIAN FUNGSI TOOLS PADA PLATFORM : CHAMILO DAN EDMODO BERDASARKAN PRINSIP NINE EVENTS OF INSTRUCTION
(2015)
Hilman Handoko
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengkaji fungsi tools pada platform : Chamilo dan Edmodo berdasarkan prinsip nine events of instruction. Penelitian ini dimulai dari kajian terhadap prinsip nine events of instruction menurut Gagne; Wager; & Briggs (1965), Aronson; Briggs; & Reigeluth (1983), dan Kevin Kruise (2006). Kajian ini bertujuan untuk membuat aspek kriteria untuk instrumen penelitian yang divalidasi oleh seorang expert belajar dan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan Design and Development Research (DDR) melalui experts review. Expert yang dilibatkan berjumlah 3 experts disain pembelajaran online. Ketiga experts ini berperan untuk mengkaji potensi fungsi tools pada platform : Chamilo dan Edmodo serta menjadi sumber data dalam penelitian. Untuk menghimpun data, dilakukan penyebaran kuesioner kepada experts tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa aspek kriteria dari kajian terhadap prinsip nine events of instruction sesuai dengan teori belajar dan pembelajaran dan dapat digunakan sebagai instrumen penelitian untuk menelusuri potensi platform. Hasil kajian terhadap potensi fungsi tools pada platform menunjukan bahwa platform Chamilo dan Edmodo memiliki tingkat adopsi yang sangat tinggi yaitu sebesar 96% (Chamilo) dan 86% (Edmodo) dalam mengadopsi prinsip nine events of instruction. Dari hasil kajian terhadap tools dapat dihasilkan peta fungsi tools untuk platform : Chamilo dan Edmodo berdasarkan setiap komponen prinsip nine events of instruction.
Kata Kunci: tools, platform, Chamilo, Edmodo, prinsip nine events of instruction.
Bibliogragi : lembar 394-397
SS00006662 | Sk 6662 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2015.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain