Text
Peran hubungan masyarakat dalam membangun citra positif sekolah inklusi di SMPN 232 Jakarta Timur
PERAN HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN CITRA
POSITIF SEKOLAH INKLUSI DI SMPN 232 JAKARTA TIMUR
WISHAL DWI PRAJA
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan di SMPN 232 Jakarta Timur, yang bertujuan
untuk mengetahui dan memperoleh gambaran mengenai peran Humas
dalam membangun citra positif pendidikan inklusi. penelitian ini dilaksanakan
pada bulan April 2015 hingga bulan Juni 2015. Pendekatan yang digunakan
adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data
dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sumber
data berdasarkan penelitian ini berasal dari Wakil Kepala Sekolah Bidang
Humas TA 15/16 selaku informan kunci dan dari beberapa informan
pendukung, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas TA 14/15,
Guru Pembimbing Khusus, orang tua peserta didik ABK, dan orang tua
peserta didik non-ABK.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Humas dalam membangun
citra positif sekolah inklusi meliputi beberapa faktor yang diperhatikan mulai
dari peran Humas dalam membangun citra positif pendidikan inklusi mulai
dari penjelasan job description dari Humas itu sendiri, menelaah programprogram
kegiatan yang dilakukan Humas. Hal tersebut meliputi 1) peran
Humas sebagai mediator kepentingan sekolah dengan warga sekolah, 2)
peran Humas dalam publikasi dan informasi tentang sekolah terhadap
masyarakat, serta 3) peran Humas dalam membangun citra positif sekolah
inklusi.
Kata kunci: Peran Humas, Citra Positif Sekolah Inklusi
Bibliografi : lembar 82-83
SS00006984 | SK 6984 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2015.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain