Text
Perbedaan burnout guru inklusi ditinjau dari penghasilan dan status kepegawaian
PERBEDAAN BURNOUT GURU INKLUSI DITINJAU DARI PENGHASILAN DAN STATUS KEPEGAWAIAN
(2015)
Syaiful Rachman
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan burnout guru inklusi ditinjau dari penghasilan dan status kepegawaian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan tipe penelitian komparatif dengan membandingkan dua variabel atau lebih. Teknik sampling yang digunakan ialah probability sampling yaitu random sampling. Jumlah responden penelitian ini sebanyak 69 guru inklusi di Kecamatan Duren Sawit. Skala yang digunakan diadaptasi dari Maslach Burnout Inventory yang terdiri atas 25 item dalam tiga dimensi. Tiga dimensi itu ialah kelelahan emosional, depersonalisasi, dan penurunan pencapaian diri. Analisa data menggunakan uji beda independent sample t-test dan analysis of variance dengan bantuan SPSS versi 16. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan burnout guru secara signifikan ditinjau dari penghasilan dan status kepegawaian.
Kata kunci: burnout, inklusi, guru, Jakarta.
Bibliografi : lembar 65-67
SS00006665 | Sk 6665 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain