Text
Upaya meningkatkan hasil belajar PKn kelas IV melalui model problem based learning di SDN Gandasari 01 Bekasi : studi penelitian tindakan kelas pada kelas IV SDN Gandasari 01 Bekasi
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING
(Studi Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Gandasari 01-Bekasi)
(2015)
Lela Dwi Aprilia
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kelas IV dengan menggunakan model Problem Based Learning di SDN Gandasari 01 Kab.Bekasi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari-Juni 2015 dengan subjek Penelitian berjumlah 27 siswa di kelas IV. Penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas menurut Kemmis dan Mc. Taggart menggunakan siklus. Setiap siklus melalui empat tahapan kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model Problem Based Learning. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes hasil belajar pada proses pembelajaran. Data tentang pelaksanaan model Problem Based Learning dikumpulkan melalui lembar pengamatan tindakan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Pada siklus pertama, hasil belajar mencapai 44,44%, dan siklus kedua meningkat 80% yang mendapat nilai diatas 70 menjadi 85,18%. Pada siklus pertama data tentang pelaksanaan Problem Based Learning 71,42% dan siklus kedua menjadi 92,85%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah dengan menggunakan model Problem Based Learning, hasil belajar PKn siswa kelas IV di SDN Gandasari 01 Kab. Bekasi meningkat.
Kata Kunci : Hasil Belajar PKn, model problem based learningBibliografi : lembar 89-90
SS00006667 | Sk 6667 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain