Text
Peningkatan hasil belajar IPA tentang cahaya dan sifatnya melalui metode pembelajaran inquiry pada siswa kelas V di SDN Jatinegara 06 Pagi Jakarta Timur
Peningkatan Hasil Belajar IPA tentang Cahaya dan Sifatnya Melalui
Metode Pembelajaran Inquiry pada Siswa Kelas V di SDN Jatinegara06 Pagi Jakarta Timur
(2015)
Sarah Fauzia
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa melalui metode pembelajaran Inquiry pada siswa kelas V di SDN Jatinegara 06 Pagi Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SDN Jatinegara 06 Pagi Jakarta Timur. Waktu peneitian dilakukan sejak bulan April sampai dengan bulan Juni 2015. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus Kemmis dan Mc Taggart. Metode pembelajaran Inquiry adalah metode pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, metode pembelajaran ini adalah metode yang mengaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh dari proses pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan dengan menggunakan metode pembelajaran Inquiry. Pada Siklus I hasil belajar siswa mendapatkan persentase 55,56%, kemudian pada siklus II mencapai 91,67%, kemudian untuk aktivitas guru mendapatkan peresentase rata-rata 71,87% dan aktivitas siswa 75% pada siklus I, sedangkan pada siklus II aktivitas guru mendapatkan persetase 90,62% dan aktivitas siswa mendapatkan persentase rata-rata 91,11%. Dengan demikian pembelajaran dengan mengunakan metode pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan hasi belajar siswa. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V tentang sifat dan cahaya.
Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Metode Pembelajaran Inquiry Bibliografi : lembar 129-130
SS00006668 | Sk 6668 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain