Text
Meningkatkan pemahaman vocabilary bahasa Inggris melalui media kartu kata bergambar (flashcard) pada siswa kelas III SDN Jatinegara 06 Pagi Jakarta Timur : penelitian tindakan kelas di SDN Jatinegara 06 Pagi Jakarta Timur
MENINGKATKAN PEMAHAMAN VOCABULARY BAHASA INGGRIS MELALUI MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR (FLASHCARD) PADA SISWA KELAS III SDN JATINEGARA 06 PAGI JAKARTA TIMUR
(2015)
Raden Rahmi Dewi
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan dalam pemahaman vocabulary bahasa Inggris siswa melalui media kartu kata bergambar (flashcard) pada siswa kelas III SDN Jatinegara 06 Pagi Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jatinegara 06 Pagi Jakarta Timur. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III pada semester II tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 40 orang. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Mc Taggart dengan empat tahap setiap siklusnya yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Teknik pengambilan data melalui hasil pemantau tindakan, analisis kegiatan pembelajaran, catatan lapangan dan tes evaluatif, serta pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi/foto yang diambil pada saat proses pembelajaran. Hasil pemahaman vocabulary yang diperoleh pada siklus I adalah 52,5%, dan siklus II adalah 80,0%. Adapun persentase rata-rata data pemantau tindakan siklus I adalah 77,5% dan siklus II adalah 96,2%. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan media kartu kata bergambar (flashcard) dapat meningkatkan pemahaman vocabulary bahasa Inggris siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah melalui media kartu kata bergambar (flashcard) dalam pembelajaran bahasa Inggris dapat dijadikan salah satu alternatif untuk meningkatkan pemahaman vocabulary siswa kelas III SDN Jatinegara 06 Pagi Jakarta Timur.
Kata Kunci: Pemahaman Vocabulary melalui Media Kartu Kata Bergambar (Flashcard) kelas III SD.
Bibliografi : lembar 117-118
SS00006669 | Sk 6669 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2015.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain