Text
Peningkatan hasil belajar IPA tentang sumber daya alam melalui model PAKEM pada siswa kelas IV SDN Kedaung Kaliangke 05 Pagi Jakarta Barat
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG SUMBER DAYA ALAM
MELALUI MODEL PAKEM PADA SISWA KELAS IV SDN KEDAUNG
KALIANGKE 05 PAGI JAKARTA BARAT
(2015)
Tatum Racha Masyitha
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model
PAKEM di kelas IV Sekolah Dasar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas
IV SDN Kedaung Kaliangke 05 Pagi Jakarta Barat yang berjumlah 27 siswa.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model
Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, siklus
pertama terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus kedua terdiri dari 3
pertemuan. Berdasarkan hasil pengamatan kaloborator maka diperoleh data
pada siklus I adalah 73% dari hasil pelaksanaan tindakan dalam model
PAKEM dan hasil belajar melalui tes evaluasi pada siklus I diperoleh skor ≥71
atau termasuk kategori rendah yaitu 66,66% dari jumlah siswa. Pada siklus II
diperoleh hasil pemantau tindakan 93% dari pelaksanaan tindakan dengan
menggunakan model PAKEM dan hasil belajar melalui tes evaluasi yang
mendapat skor ≥71 atau termasuk kategori tinggi yaitu 88,9% dari jumlah
siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model PAKEM
dapat dijadikan sebagai salah satu model pembelajaran yang dapat
diterapkan guru untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran IPA.
Kata Kunci: Hasil belajar siswa, model PAKEM, IPA
Bibliografi : lembar 112-113
SS00006987 | SK 6987 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain