Text
Partisipasi masyarakat terhadap pembelajaran sosial (studi kasus pada peserta pengajian di Rw 013 Perumahan Taman Kebayoran Tambun Selatan)
PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PEMBELAJARAN SOSIAL
2015
AZFIA ZAEN ROSYANDHE
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi masyarakat dan pembelajaran sosial di RW 13 Perumahan Taman Kebayoran, Tambun Selatan khususnya bagi peserta pengajian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Adapun sampel penelitian ini yaitu dengan tiga orang peserta pengajian, satu penceramah dan satu ketua pelaksana pengajian..Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis perbandingan tetap dan menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini mengatakan bahwa interaksi yang terjadi antar peserta pengajian RW 13 dikatakan cukup rendah karena factor kesibukan peserta pengajian yang tidak mengharuskan untuk bertatap muka apalagi berkomunikasi secara mendalam sehingga pada saat akan diadakan kegiatan social atau proses pembelajaran di RW 13 sering tidak terlaksana dikarenakan tidak adanya kekompakkan antarwarga dan menghambat setiap proses kegiatan yang akan berlangsung. Pembelajaran sosial yang aktif di RW 13 hanya pengajian rutin ibu-ibu dan kegiatan tersebut dihadiri oleh beberapa orang saja dan tidak menentu.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu bahwa peserta pengajian RW 13 tingkat interaksinya sangat rendah dan dibutuhkan adanya peningkatan yaitu dengan cara yang lebih efektif untuk mendatangkan minat bagi peserta pengajian dalam mengedepankan tali silahturahmi antarwarga RW 13 agar pada saat akan diadakan kegiatan sosial atau pembelajaran social warga tidak segan untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh RW 13.
Kata Kunci: Partisipasi Masyarakat, Peserta Pengajian, Pembelajaran Sosial
Bibliografi : lembar 49-50
SS00006988 | SK 6988 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2015.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain