Text
Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran reaksi reduksi oksidasi dengan pendekatan social emotional learning
ABSTRAK
Tri Hastuti Budi Utami 2015. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Reaksi Reduksi Oksidasi Dengan Pendekatan Social Emotional Learning. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran reaksi reduksi oksidasi dengan pendekatan Social Emotional Learning. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Tangerang kelas X MIA 2 dengan jumlah responden 24 siswa. Pendekatan Social Emotional Learning digunakan dalam 4 kali pertemuan.
Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif. Kemampuan berpikir kreatif siswa dinilai menggunakan Tes Kreativitas Verbal yang berisi 6 subtes dengan 4 indikator utama yang diberikan pada 2 pertemuan, dan didukung oleh observasi kegiatan pembelajaran, kuesioner, serta wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa X MIA 2 dengan menggunakan Social Emotional Learning cenderung baik. Dilihat dari hasil analisis bahwa kemampuan fluency, flexibility, dan elaboration siswa cenderung baik.
Kata kunci: Berpikir Kreatif, Social Emotional Learning, Pembelajaran Reaksi Reduksi Oksidasi.
Bibliografi : lembar 90-91
SS00006684 | SK 6684 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain