Text
Hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas V Sekolah Dasar di Kelurahan Cengkareng Timur Jakarta Barat
HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD DI KELURAHAN CENGKARENG TIMUR JAKARTA BARAT
(2015)
Tiara Novia
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan teknik korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Kelurahan Cengkareng Timur Jakarta Barat. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel yang digunakan yaitu kelas V SDN Cengkareng Timur 12 Pagi dengan jumlah responden 40 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan dua instrumen yaitu angket kemandirian belajar untuk mengukur variabel X (kemandirian belajar) dan tes berupa soal untuk mengukur variabel Y (hasil belajar matematika). Persamaan korelasi menggunakan korelasi Pearson Product Moment untuk mencari hubungan variabel X dengan variabel Y. Hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa antara variabel X dengan variabel Y terdapat hubungan positif dan kontribusinya sebesar 44,33%. Artinya semakin tinggi kemandirian belajar, maka hasil belajar matematika siswa semakin tinggi. Begitupun sebaliknya, semakin rendah kemandirian belajar, maka hasil belajar matematika rendah.
Kata Kunci: Kemandirian belajar, hasil belajar matematika
THE RELATIONSHIP BETWEEN INDEPENDENCE OF LEARNING WITH THE RESULT OF MATHEMATICS LEARNING OF 5TH GRADE STUDENTS IN ELEMENTARY SCHOOL IN SUB DISTRICT EAST CENGKARENG WEST JAKARTA
(2015)
Tiara Novia
ABSTRACT
The research purposes to determined correlation between independence learning with result of mathematics learning. The method used in this research was survey with correlation technique. The population in this study were all of fifth grade students in elementary school on Sub district East Cengkareng West Jakarta. Samples were taken using Cluster Random Sampling technique. The samples used were fifth grade SDN Cengkareng Timur 12 Pagi with a 40 respondents. Data were collected by two instruments, questionnaire to measure variable X (Independence learning) and test questions to measure variable Y (result of mathematics learning). Data was analysis using Pearson Product Moment to find correlation between variable X and variable Y. The result that between variable X with variable Y have a positive relationship and the contribution is 33.44%. It mean that the higher independence learning, result of mathematics learning too. Conversely, the lower independence learning, result of mathematics learning too.
Keywords: independence learning, result of mathematics learning
Bibliografi : lembar 85-86
SS00006996 | SK 6996 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain