Text
Analisis metakognitif siswa pada pembelajaran kimia dengan social emotional learning
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kemampuan metakognitif siswa pada pembelajaran kimia dengan Social Emotional Learning. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Tangerang kelas XI MIA 3 dengan jumlah responden 31 siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan memberikan instrumen berupa lembar kerja siswa yang berisi 2 soal yang diberikan 3 pertemuan, observasi kegiatan pembelajaran, dan wawancara. Hasil yang diperoleh yaitu sebagian besar siswa XI MIA 3 mulai terbangun kemampuan metakognitifnya dengan pembelajaran Social Emotional Learning, dan sebanyak dua siswa yang sudah terbangun kemampuan metakognitifnya. Hal tersebut dapat terlihat dari pengamatan kegiatan pembelajaran, kuesioner, wawancara, dan hasil lembar kerja siswa. Kemampuan metakognitif siswa merupakan suatu dampak kemampuan yang terbangun melalui proses pembelajaran dengan Social Emotional Learning.
Kata kunci: Metakognitif, Social Emotional Learning, Pembelajaran Kimia.
Abstract This research purposed for analyze student metacognitive ability in chemistry learning with Social Emotional Learning. Researched at XI MIA 3 student of SMA Negeri 2 Tangerang with 31 students responden. The methode used in this research is description, data collected by gave worksheet instrument with two questions which three section in five meeting, observation of learning activity, and interview. The result is many of XI MIA 3 students is begin build metacognitive ability with Social Emotional Learning, and two sudents has build metacognitive ability. That has seen from observation learning activity, questionaire, interview, and the result of worksheet. Student metacognitive abiility is impact from building ability in learning activity process with social emotional learning.
Bibliografi : lembar 63-64
SS00006685 | SK 6685 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain