Text
Pengembangan modul pembelajaran kimia pada materi koloid dengan pendekatan saintifik melalui penerapan profesional learning community learning community
ABSTRAK
Dwi Asmarawati. Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Koloid melalui Penerapan Professional Learning Community. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran kimia dengan pendekatan saintifik melalui penerapan Professional Learning Community pada materi koloid di SMA. Penelitian ini dilakukan sejak bulan Januari 2015 sampai Mei 2015 di SMA Negeri 54 Jakarta.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan D(Research and development). Tahapan yang dilakukan dalam penelitian pengembangan ini yaitu analisis kebutuhan, pengembangan produk, dan uji kelayakan produk kepada para ahli dan siswa. Tahap pengembangan dilaksanakan dengan cara kolaborasi sebagai implementasi Professional Learning Community.
Modul pembelajaran dengan pendekatan saintifik diujikan kepada ahli materi, media, dan bahasa mempunyai nilai r sebesar 0,63-0,97 yang diartikan bahwa kesesuaian antar penilai dalam menilai kualitas modul sudah baik. Selain itu, diperoleh persentase uji coba modul kepada siswa untuk tiap indikatornya sebesar >80% menandakan bahwa tiap indikator telah tercapai dengan baik.
Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan melalui penerapan Professional Learning Community dikatakan baik dan layak digunakan dalam pembelajaran kimia.
Kata Kunci: Modul Pembelajaran Kimia, Koloid, Pendekatan Saintifik, Professional Learning Community.
Bibliografi : lembar 97-98
SS00006689 | SK 6689 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain