Text
Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran (studi analisis deskriptif pada mahasiswa program studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta)
Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran dosen didalam kelas pada 15 Mata Kuliah Bidang Keahlian dan Penunjang (MKBKP) di program studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, jurusan Teknik Sipil, fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta dengan indikator persepsi perencanaan pembelajaran, persepsi pelaksanaan kegiatan pembelajaran, dan persepsi evaluasi proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan skala likert 1-4. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2012, 2013, dan 2014 semester 101/ganjil tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah sampel yang ditentukan dalam penelitian ini adalah 149 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik prorposional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket/kuesioner untuk menjaring data persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran dosen dikelas.
Hasil penelitian masalah persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran menunjukkan bahwa sudah berjalan dengan baik pada 15 MKBKP, namun masih terdapat yang belum melaksanakan yaitu pada sub indikator melakukan penilaian selama proses perkuliahan, membangun kejujuran, membuat rangkuman/kesimpulan diakhir perkuliahan, melaksanakan sesuai jadwal, memberikan kegiatan tindak lanjut/remedi, dan menginformasikan hasil tes sesuai jadwal. Sedangkan pada indikator persepsi perencanaan pembelajaran (nilai rata-rata = 64%), pelaksanaan pembelajaran (nilai ratarata = 82%), dan evaluasi pembelajaran (nilai rata-rata = 76%).
Kata Kunci: Persepsi, Perencanaan Pembelajaran, Pembelajaran, dan Evaluasi Pembelajaran.
Abstract - Students Perception of Learning (Deskriptive Analysis Study on Student Education Courses S1 Building Techniques of State University of Jakarta). Bachelor Thesis, Jakarta : Department of Civil Engineering Faculty of Engineering State University of Jakarta, July 2015.
This research aims to find out student perception of faculty teaching in the classroom in 15 subjects areas of Expertise and Support (MKBKP) in Education Courses S1 Building Techniques, Department of Civil Engineering, Engineering Faculty of the State University of Jakarta with perception indicator instructional planning, implementation of learning, and evaluation of learning. This research used survey method with likert scale 1-4. The population in this research are student of S1 building techniques forcer 2012, 2013, and 2014 semester 101/odd school year 2014/2015 with the number of samples in this research are 149 students sampling using proporsional random sampling. The instruments use was a questionnaire collect data of students perception of faculty teaching in the classroom.
Results of the research problem students perceptions of learning show that has been running well 15 MKBKP, but still there are not yet implementing on sub indicators to assess during the lecture, honesty building, making of summary/conclusion at the end of the lecture, carrying out lectures on schedule, provide follow up activities/remedy, and inform test result on schedule. While indicator perception of teaching a course on planning (average value = 54%), implementation of learning (average value = 82%), and evaluation of learning (average value = 76%).
Keyword: Perception, Instructional Planning, Learning, and Evaluation of Learning
Bibliografi : lembar 129-130
SS00007001 | SK 7001 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain