Text
Analisis mental states siswa dalam pembelajaran kimia pada materi hidrolisis kelas XI MIA
Abstrak
ADE MELIANAH. Analisis Mental States Siswa Dalam Pembelajaran Kimia Pada Materi Hidrolisis Kelas XI MIA. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mental states siswa kelas XI MIA pada pembelajaran hidrolisis. Kondisi mental siswa dalam pembelajaran sangat berpengaruh dalam keberhasilan suatu proses pembelajaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mental States Conceptual Learning Inventory (MSCLI) yang terdiri dari empat indikator yaitu emosi, minat, representasi mental internal, dan representasi mental eksternal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deksriptif. Instrumen MSCLI efisien terhadap waktu dan dapat diterapkan untuk sampel siswa dalam jumlah besar sehingga peneliti dapat memperoleh pemahaman siswa dalam pembelajaran hidrolisis di kelas. Penelitian ini dilakukan di kelas XI MIA 2 SMAN 4 Jakarta pada Maret sampai April 2015.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi mental siswa sangat berhubungan dengan hasil belajar. Secara keseluruhan siswa yang memiliki hasil belajar rendah cenderung memiliki emosi yang negatif dan minat yang rendah. Namun sebaliknya, siswa yang memiliki hasil belajar yang tinggi cenderung memiliki emosi yang positif dan minat yang tinggi dalam pembelajaran di kelas.
Kata kunci : mental states, mental states conceptual learning inventory (MSCLI), hidrolisis
Abstract
This study aimed to analyze the Mental States students in learning chemistry on hydrolysis material. This study was conducted in March 2015 with the subject of class XI MIA 2 SMAN 4 Jakarta a number of 35 students. Mental state of students in learning is very influential in the success of a learning process. The instrument used in this study is Mental States Conceptual Learning Inventory (MSCLI) and Test Problem Hydrolysis MSCLI where the instrument consists of four indicators ie emotions, interests, mental representation internal and external mental representations. Interviews and observations used to support data have been obtained. Based on Mental States Student research in chemistry learning will be directly proportional to the results of student learning and MSCLI instruments can be used to determine students' Mental States in learning chemistry.
Keywords: Mental States Conceptual Learning Inventory (MSCLI), Test Problem Hydrolysis, Hydrolysis
Bibliografi : lembar 54-55
SS00007004 | SK 7004 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain