Text
Analisis pemahaman siswa pada konsep kimia materi asam basa menggunakan creative exercise
ABSTRAK
Annisa Kusuma Wardani, Analisis Pemahaman Siswa pada Konsep Kimia Materi Asam Basa Menggunakan Creative Exercise (2015). Skripsi. Jakarta: Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep siswa pada materi Asam Basa dengan Creative Exercise. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tambun Selatan pada kelas XI, dengan jumlah sebanyak 43 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dimana pengumpulan data dilakukan dengan memberikan instrumen berupa Creative Exercise(CE) sebanyak tiga prompt. CE diberikan dengan cara bertahap setelah siswa mendapatkan materi Asam Basa, dan diberikan sebagai tugas di kelas dan tugas di rumah. Jumlah prompt yang dianalisis adalah dua yaitu tentang Asam Basa dan Titrasi Asam Basa
Hasil menunjukan bahwa siswa menggunakan beberapa topik dalam menjawab Creative Exercise, di antaranya: Senyawa, Ikatan Kimia, Kesetimbangan Kimia, Asam Basa dan Stokiometri Larutan. Topik yang paling banyak digunakan adalah Asam Basa (prompt 1: 23% dan prompt 2: 37%) dan Stokiometri Larutan (prompt 1: 27% dan prompt 2: 50%). Rata-rata persentase siswa menjawab benar dan salah dalam topik Asam Basa berturut-turut adalah 91,96% dan 67.85%, sedangkan dalam topik Stokiometri larutan secara berturut-turut adalah 100% dan 48.68%). Hal ini menunjukan bahwa beberapa siswa dapat membuat jawaban salah dan jawaban benar untuk satu topik yang sama.
Creative Exercise memberikan wadah bagi siswa untuk menjelaskan dengan bebas pemahaman mereka terhadap suatu konsep. Penggunaannya dalam kelas bermanfaat untuk guru sebagai bahan refleksi dan informasi mengenai pemahaman seperti apa yang siswa miliki setelah menerima suatu materi, karena tidak semua siswa memahami hal dengan cara yang sama. Sifat Creative Exercise yang open-ended membantu siswa untuk melihat suatu permasalahan dari konteks yang lebih luas, hal ini terlihat dari jawaban-jawaban siswa yang dapat mengkaitkan antar materi yang telah dipelajarinya.
Kata kunci: Pemahaman, Penilaian, Asam Basa, Titrasi Asam Basa
Abstract
This qualitative research aimed to analyze students’ understanding in Acid Base Chemistry using Creative Exercise held in SMA Negeri 1 Tambun Selatan with 43 students as participants. Students’ responses to 3 prompts of Creative Exercises were analyzed. Prompts of Creative Exercise was given gradually after student learned about acid base concept. As open-ended assessment, Creative Exercise(CE) provides student to express their knowledge about particular concept and it is useful for instructors as a feedback and information about how students comprehend a concept after class. CE can help students to view problems from a broader view,because the fiindings showed that students used as many concept as related to the prompt given. The results showed that there are some topics students used in responding prompts of CE such as Acid Base, Stoichiometry, Compound, Equilibrium Chemistry, Chemical bonding. Acid base and Stoichiometry were the topics they used the most with the percentage in each prompt as follow, Acid base prompt 1: 23% and prompt 2: 37%, and Stoichiometry Prompt 1: 27% and prompt 2: 50). The average of students give true answer in both prompt are 91,96% and 67,85%, while the average of students who give a wrong answer in both prompts are 100% and 48,68%. In this matter, students can give both a wrong answer and true answer in the same topic.
Keywords: Understanding, Assessment, Acid Base.
Bibliografi : lembar 88-90
SS00007005 | SK 7005 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain